Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Wagub Emil Dardak: Cuci Tangan dengan Sabun Tetap Lebih Efektif

Penulis : Irsya Richa - Editor : Heryanto

17 - Mar - 2020, 18:56

Placeholder
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak saat mencuci tangan di Terminal Kota Batu, Selasa (17/3/2020). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Langkah pencegahan sesuai dengan Standart Opertional Procedure (SOP) memang harus dilkukan sebagai anisipasi virus corona atau covid-19 yang saat ini sedang diupayakan oleh masyarakat maupun tempat umum. 

Namun masyarakat lebih fokus dengan mencari hand sanitizer maupun masker.

Tetapi bagi Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak meminta agar masyarakat lebih mendahulukan mencuci tangan. 

Sebab cuci tangan itu lebih efektif untuk membunuh kuman.

Cuci tangan itu harus dilakukan dengan menggunakan sabun cair. 

Terlebih tangan merupakan perantara virus paling cepat.

“Kalau di rumah enggak usah pakai hand sanitizer, karena lebih efektif cuci tangan dan sabun, kecuali kalau kepepet di luar enggak ada wastafel,” ucapnya saat kunjungan di terminal Kota Batu.

Emil menyarankan kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan itu melalui cuci tangan agar tidak terserang virus corona. 

Hand sanitizer bisa digunakan jika tidak ada tempat untuk mencuci tangan.

“Lebih pada membiasakan untuk mencuci tangan, gunakan hand sanitizer kalau memang tidak ada tempat cuci tangan,” tambah mantan Bupati Trenggalek ini, Selasa (17/3/2020).

Ia pun berharap kepada masyarakat agar bisa menjaga kesehatan, daya tahan tubuh, juga kebersihan lingkungan sekitar untuk mencegar terserang virus tersebut. 

“Semoga wabah ini cepat berakhir,” tutupnya.

 


Topik

Kesehatan batu berita-batuberita-hari-ini Virus-corona anisipasi-virus-corona Wakil-Gubernur-Jawa-Timur-Emil-Elestianto Dardak cuci-tangan-itu-lebih-efektif-untuk-membunuh-kuman terminal-Kota-Batu



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Heryanto