Salah seorang pengunjung Suncity Mall Saat Mengenakan Sanitizer Senin (16/3)
Salah seorang pengunjung Suncity Mall Saat Mengenakan Sanitizer Senin (16/3)

Suncity Mall Madiun, salah satu pusat perbelanjaan di Kota Madiun mengeluarkan surat pemberitahuan pada Sabtu (14/3) pihak Management mengeluarkan Surat Pemberitahuan kepada All Open Space untuk mengantisipasi dan mewaspadai meluasnya virus corona, dengan menyediakan 1 botol Sanitizer di stand masing-masing meja kasir dan beberapa titik yang terlihat oleh pengunjung. 

Upaya tersebut diterapkan mulai malam itu juga Sabtu (14/3), saat akan memasuki Mall para pengunjung diwajibkan menggunakan Sanitizer yang sudah disediakan di pintu masuk bagian depan, hal tersebut adalah sebagai bentuk antisipasi dan kewaspadaan pihak Management Suncity Mall Madiun untuk menjaga kebersihan dan kesehatan baik itu karyawan, pengunjung dan pembeli. 

Hal tersebut dibenarkan oleh salah seorang karyawati open space lantai dasar.

“Sudah sejak sabtu malam disediakan sanitizer dipintu sebelum masuk, setiap pengunjung diwajibkan menggunakan sanitizer baik itu anak-anak maupun dewasa semua diwajibkan, petugas keamanan baik dari pintu depan maupun belakang juga turut memantau kebijakan tersebut, mereka turut mengenakan sarung tangan,” tutur Retno sembari melayani pembeli di open space nya. 

Retno juga menjelaskan bahwa setiap open space diwajibkan menyediakan sanitizer. Para pengunjungpun menilai langkah ini sebagai langkah yang positif. 

“Ya sangat membantu agar penyebaran virus corona nggak semakin meluas, soalnya Suncity kan mall jadi nggak menutup kemungkinan penularan jika tidak menggunakan sanitizer, makanya semenjak disediakan sanitizer pengunjung menjadi tidak was-was jika bersentuhan dengan pengunjung lainnya, maupun pengunjung dengan pegawai open space saat transaksi jual beli,” kata salah pengunjung mall.

Sebenarnya bukan hanya Suncity Mall Madiun, beberapa pusat perbelanjaan seperti Lawu Plaza, Matahari Department Store, dan OPD di Madiun juga mulai menyediakan sanitizer untuk dapat digunakan pengunjung saat akan memasuki tempat tersebut. 

Walikota Madiun juga menyarankan kepada seluruh masyarakat Madiun untuk tidak mudah mempercayai berita hoax untuk mengecek kebenarannya terlebih dahulu, jangan sampai berita mengenai virus ini membuat panik.

Walikota juga menyampaikan bahwa hari ini Senin (16/3) Pemerintah membentuk gugus penanggulangan Corona yang akan mengecek semua sesuai SOP sesuai instruksi Presiden dan Ibu Gubernur Jawa Timur, tegas beliau dalam video pemberitahuan resmi Walikota bersama Forkopimda berdurasi satu menit 23 detik.