Beberapa titik pemasangan CCTV di wilayah Kota Madiun
Beberapa titik pemasangan CCTV di wilayah Kota Madiun

Saat ini Closed Circuit Television (CCTV) atau kamera pengintai sudah terpasang di beberapa titik persimpangan wilayah Kota Madiun. Hal ini berkaitan dengan rencana dibelakukannya tilang elektronik (e-tilang). 

Pusat informasi dan data e-tilang berada di Gedung Government Chief Information Officer (GCIO) milik Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Madiun. Namun untuk penindakan e-tilang tetap dilakukan di lapangan oleh pihak kepolisian. 

Banyak Warga Madiun yang sudah mengetahui akan diberlakukannya program e-tilang ini, namun mereka tidak tahu kapan dan di titik mana saja pemasangan CCTV itu. 

Warga Madiun sendiri memiliki pendapat berbeda berkaitan dengan hal tersebut. Beberapa pengendara setuju dengan adanya program ini namun beberapa lainnya menolak. Nancy, salah seorang pengendara setuju dengan diberlakukannya e-tilang ini. "Saya lebih setuju, karena pengguna jalan akan lebih tertib dengan adanya e-tilang. Biasanya orang - orang kalau berkendara jarak dekat itu tidak pakai helm dan tidak bawa SIM," ungkapnya.

Menurut Nancy, dia menerima dan mendukung program pemerintah ini karena merasa bahwa dia juga pengendara yang tertib.

Berbeda dengan salah satu driver ojek online (ojol), Taufik. Dia menolak dengan adanya program pemerintah ini. Hal ini dikarenakan seringnya pelanggaran yang dilakukan di marka jalan khususnya marka jalan lampu lalu lintas. "Saya tidak setuju karena saya sering melanggar di marka jalan. Saya biasanya nyalip mobil dari kanan di lampu merah," ujarnya. 

Menurutnya jika berhenti di lampu lalu lintas harus menunggu barisan mobil yang banyak, jadi akan berhenti untuk lampu merah selanjutnya. Pendapat tersebut juga didukung oleh driver lain yang berada di dekatnya.