Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

UIN Malang Gemakan Khotmil Quran dan Istighosah 14 Hari Nonstop

Penulis : Imarotul Izzah - Editor : A Yahya

13 - Mar - 2020, 16:49

Placeholder
Suasana Khotmil Quran dan Istighosah pimpinan UIN Malang. (Foto: istimewa)

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki/UIN Malang) rutin menjaga tradisi Khotmil Quran tiap minggunya.

Namun, ada yang istimewa dalam Khotmil Quran yang digelar baru-baru ini. Segenap pimpinan dan sivitas menggelar Khotmil Quran, Sholawatan, dan Istighotsah bersama Majlis Dziki Wat Taqlim UIN Malang selama 14 hari nonstop.

Hal ini dilakukan untuk mendoakan kampus UIN Malang atas terselesainya pembangunan gedung Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK).

Puncak penutupan kegiatan yang diselenggarakan di ruang rektor lantai 1 (Jumat, 13/3/2020) diikuti oleh para pimpinan, dosen, dan pegawai UIN Malang.

Prof Dr Abdul Haris MAg selaku Rektor dalam acara penutupannya menyampaikan berharap, tradisi khotmil quran dan zikir bersama ini tidak hanya berhenti hanya 14 hari saja.

Rektor kelahiran Lamongan itu juga meminta agar semua sivitas menjaga tradisi ini dengan baik. Sehingga kampus berlogo Ulul Albab ini akan semakin maju, berkembang, dan tentunya semakin berkah.

"Ke depan kegiatan ini harus bisa bisa diistiqomahkan di setiap lingkungan universitas. Terutama di setiap unit dan lembaga, usahakan bisa menyelenggarakan kegiatan semacam ini minimal 1 minggu sekali," ucapnya sembari memberi instruksi.

Selain untuk mendoakan kampus, kegiatan religi ini digelar untuk meningkatkan nilai kedalaman spiritual keluarga besar UIN Maliki.

"Hal ini merupakan bentuk syukur atas nikmat yang telah diberikan  Allah SWT," kata Prof Haris.

Hal ini juga dilakukan agar silaturahmi terus terjaga dan komunikasi yang komunikatif terus terjalin di antara seluruh warga kampus. 

Sementara itu, selama ini, program khotmil Quran dilakukan setiap Jumat dengan sistem bergantian antarfakultas, unit, dan lembaga yang ada di lingkungan UIN Maliki.

Dalam pelaksanaan khotmil, Prof Haris meminta para dosen dan karyawan  hadir di kampus tepat pukul 07.00 pagi. Tujuannya agar kegiatan khotmil Quran tidak mengganggu jam kerja yang sudah ditetapkan.

Di UIN Malang, ngaji bersama dan berdoa selalu diadakan di semua fakultas dan bagian-bagian yang dipimpin  dekan dan kepala bagian sejak 2019 setiap pagi sebelum pukul 07.30.


Topik

Pendidikan malang berita-malang UIN-Malang Universitas-Islam-Negeri-Maulana-Malik-Ibrahim-Malang Khotmil-Quran Majlis-Dziki-Wat-Taqlim-UIN-Malang Prof-Dr-Abdul-Haris-MAg



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imarotul Izzah

Editor

A Yahya