Alex Budi Setiyawan, Ketua Panitia Pelaksana FGD Olahraga
Alex Budi Setiyawan, Ketua Panitia Pelaksana FGD Olahraga

Untuk menumbuhkembangkan semangat olahraga dan menggali bakat serta  potensi generasi muda, Persewangi Banyuwangi akan menggelar Focus Group Discussion (FGD) di salahkan satu cafe di Kecamatan Purwoharjo, Kamis (12/3/2020).

Ketua Panitia Pelaksana FGD olahraga, Alex Budi Setiyawan mengatakan pada FGD kali ini pihaknya menjalin kerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) khususnya Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga akan menggelar FGD dengan tema "Sport Tourism And Sport Industry".

Kegiatan tersebut digagas menurutnya karena pihaknya merasa terpanggil untuk membenahi olahraga yang sudah baik menjadi lebih profesional.

FGD itu dikemas dalam suasana diskusi santai aman dan nyaman.

"Siapapun yang   yang datang dipersilakan mencurahkan pemikiran,  unek uneknya, berani memberikan pertanyaan saran ataupun kritik namun dalam bahasa yang santun dan bijak," jelas Alex.

Kegiatan tersebut mengundang Bupati Banyuwangi,  Sekda Kabupaten Banyuwangi, Kadispora, Pengurus KONI Banyuwangi, pelaku/praktisi dan penggiat olahraga dan lain sebagainya.

Agar tidak terjebak suasana formal, lanjut Alex, panitia mengatur tempat duduk  agar peserta bisa membaur dan menyatu, termasuk narasumber.

Tujuannya, semua peserta akan diajak berpikir besar, segera memulai dan dilaksanakan secepatnya untuk membantu pengembangan sport tourism dan sport industri di Indonesia.

Alex menegaskan inti gelaran FGD tersebut bertujuan agar Banyuwangi yang sekarang sudah dikenal potensi wisatanya, ke depan mampu membangun olahraga yang mendukung program pariwisata. 

Termasuk mampu mengelola olahraga sebagai industri yang mampu memberikan manfaat bagi masyarakatnya.