Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Lama Dinanti, Akhirnya Pemegang Suket di Kota Malang Bisa Tukar e-KTP

Penulis : Pipit Anggraeni - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

10 - Mar - 2020, 13:31

Placeholder
E-KTP di Kota Malang kini sudah bisa dicetak (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

Blanko e-KTP telah dikirimkan ke masing-masing daerah, tanpa kecuali Kota Malang. Masyarakat yang kini masih memegang surat keterangan (Suket), dapat segera menukarnya dengan e-KTP.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Malang, Eny Hari Sutiarni menyampaikan, akhir Februari lalu Dispendukcapil Kota Malang mendapat 20 ribu blanko. Saat ini, blanko yang tersisa tinggal tujuh ribu keping.

"Dan minggu depan kami akan minta lagi ke pusat," katanya di sela agenda Sosialisasi Implementasi Wajib E-KTP dan Kartu Keluarga, Selasa (10/3/2020).

Perempuan berhijab itu menyampaikan, dalam satu hari ada 150 hingga 200 blanko yang dicetak dari hasil Suket yang sebelumnya dipegang masyarakat. Sementara untuk yang mengurus baru jumlahnya tak banyak, hanya mencapai belasan dalam satu hari.

"Ini kami ngebut sampai lembur, tapi kalau untuk yang cetak baru nggak banyak kok," terang Eny.

Dia pun menyarankan agar masyarakat yang kini memegang Suket untuk menukarkannya di kantor kelurahan. Selain itu masyarakat juga bisa mengurusnya langsung ke kantor Dispendukcapil di area perkantoran terpadu.

"Maksimal tiga hari e-KTP sudah jadi. Masyarakat bisa urus di kantor kelurahan masing-masing," imbuhnya.

Pengurusan e-KTP itu menurutnya penting untuk menunjang berbagai administrasi kependudukan. Sehingga dia menyarankan agar masyarakat tak lagi malas untuk mengurusnya. Terlebih, mengurus dokumen kependudukan sama sekali tak dikenai biaya.

"Dan yang ngurus e-KTP sekarang nggak perlu pakai Suket lagi. Semuanya langsung jadi dalam sehari," pungkas Eny.


Topik

Pemerintahan malang berita-malang surat-keterangan Dispendukcapil-Kota-Malang Kepala-Dinas-Kependudukan-dan-Pencatatan-Sipil-Kota-Malang-Eny-Hari-Sutiarni



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Pipit Anggraeni

Editor

Sri Kurnia Mahiruni