Bincang santai yang digelar Kantor Perwakilan BI Malang bersama media (Hendra Saputra)
Bincang santai yang digelar Kantor Perwakilan BI Malang bersama media (Hendra Saputra)

Keunggulan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang saat ini sedang digalakkan Bank Indonesia (BI) tak terkecuali Kantor Perwakilan BI Malang dapat mencegah penyebaran virus Corona.

Bagaimana bisa dibilang mencegah penyebaran virus Corona? Ya, QRIS sendiri adalah sistem pembayaran melalui barcode dimana penggunanya tidak perlu lagi bersentuhan secara langsung dengan uang atau apapun.

Transaksi seperti ini sangat efisien digunakan ketika isu Corona merebak di seluruh dunia. Jadi pengguna tinggal scan barcode dengan penjual tanpa harus bersentuhan tangan.

"Jadi apalagi sekarang zamannya covid, jadi kita akan lebih bersih tinggal scan aja dari jauh sudah bisa melakukan transaksi pembayaran," ujar Kepala Tim Sistem Pembayaran, Pengedaran Uang Rupiah, Layanan dan Administrasi Kantor Perwakilan BI Malang, Rini Mustika Ningsih.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan BI Malang Azka Subhan Aminurridho mengatakan Pekan QRIS Nasional 2020 dimulai 9 hingga 14 Maret 2020 di 46 Kantor Perwakilan BI se Indonesia.

"Untuk BI Malang kami melaksanakan sosialiasai mulai dari kampus, tempat ibadah, pasar tradisional, tempat wisata, sampai pada ibu-ibu PKK. Harapannya dapat menyentuh semua sektor dan lapisan masyarakat," tutur Azka.

Puncak pekan QRIS di Malang sendiri akan diselenggarakan di Lapangan Rampal Malang pada Sabtu, 14 Maret mendatang. Lain Kegiatan yang mengambil tagline 'Ayo Nganggo QRIS, Ben Mbois Ker' dirangkai dengan beberapa kegiatan. "Nanti akan ada senam bersama, lomba zumba jingle QRIS, edukasi dan Kuis QRIS, kampanye Sehat Lawan Corona," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, juga ada berbagai stan kuliner yang tentunya seluruh pembayaran harus menggunakan QRIS.
Bl Malang juga mengundang PJSP bank dan non bank untuk berpartisipasi dalam puncak kegiatan ini.

Tidak hanya itu, terdapat juga berbagai hiburan musik dari Bonanova Band, BIMA (Bank Indonesia Malang) Band, dan special guest star New Monata Sodiq. Para pengunjung juga berkesempatan mendapatkan berbagai doorprize menarik dan hadiah utama antara Iain sepeda motor, televisi, sepeda dan kulkas dua pintu.

Acara itu, lanjut Azka terbuka untuk umum, diperkirakan akan dihadiri Iebih dari seribu orang. Ke depannya, BI PJSP, dan Pemerintah Daerah akan terus mengupayakan perluasan QRIS kepada para pedagang maupun konsumen meskipun rangkaian Pekan QRIS sudah selesai.

QRIS sendiri memudahkan proses pembayaran bagi pedagang ataupun pembeli karena terintegrasi dengan aplikasi pembayaran digital seperti Gopay, Ovo, Dana, LinkAja ataupun Shopee Pay.

"Meskipun relatif baru, tercatat sudah ada 2,7 juta merchant yang telah menggunakan QRIS di Indonesia," pungkasnya. 

Sedangkan wilayah kerja BI Malang sendiri telah terdapat 56 ribu merchant yang menggunakan QRIS 47 ribu di antaranya berada di Kota Malang.