01/02/2023 Gempol, Kuliner Lawas di Madiun yang Masih Terjaga Hingga Kini | Jatim TIMES

Gempol, Kuliner Lawas di Madiun yang Masih Terjaga Hingga Kini

Mar 08, 2020 20:38
Kuliner Gempol khas Bangkal, Kabupaten Madiun
Kuliner Gempol khas Bangkal, Kabupaten Madiun

Pewarta: Nurul Setyaningsari | Editor: A Yahya

MADIUNTIMES - Gempol merupakan kuliner khas Dusun Bangkal Desa Tulungrejo Kabupaten Madiun. Makanan yang berbahan baku beras ini dibentuk bulatan sebesar kelereng. Kuliner ini biasanya disajikan dengan serabi beras berkuah santan dan gula merah (juruh).

Keberadaan gempol kurang mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun. Padahal kuliner ini sudah ada sejak dulu dan terus terjaga kelestariannya berkat keuletan dan ketelatenan warga Bangkal yang masih memproduksinya.

Di Kabupaten Madiun sendiri tidak semua desa yang memproduksi gempol.

"Gempol hanya diproduksi oleh masyarakat Dusun Bangkal, keberadaan gempol harus dilestarikan karena merupakan makanan khas dari daerah Kabupaten tepatnya Dusun Bangkal Desa Tulungrejo.” jelas ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Tulungrejo, Ibu Nandang.

Pemkab sebenarnya memiki acara bazar setiap hari Jumat tetapi pembagian giliran hanya per-desa sehingga tidak ada kesempatan memperkenalkan gempol ke masyarakat luar Bangkal.

“Seyogyanya gempol dimunculkan lebih menonjol jika ada acara di Pemkab namun selama ini hanya disajikan di acara kecamatan.” tambahnya.

Di Dusun Bangkal, penjualan gempol dijadikan sebagai mata pencarian bagi sebagian warga khususnya ibu – ibu. Namun sebagian penjual lain hanya menjadikan ini sebagai pekerjaan sampingan karena pekerjaan utama mereka adalah petani sawah.

Para pedagang gempol ini tergabung di sebuah paguyupan di Desa Tulungrejo. Paguyupan ini masih mendapat dana dari dana desa dan mendapatkan bantuan rombong dari desa namun belum dikenal masyarakat di Madiun bahkan di Wilayah Kabupaten sendiri.

Ketua PKK berharap adanya kejelian Pemkab bahwa ada makanan khas Kabupaten yang harus dilestarikan dan dijadikan iko. 

Topik:

Judul berita Gempol, Kuliner Lawas di Madiun yang Masih Terjaga Hingga Kini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik

Berita Lainnya