Arema FC vs Persib (istimewa)
Arema FC vs Persib (istimewa)

Arema FC mulai bergerak dalam upaya ikut mencegah penyebaran virus corona. Itu ditunjukkan dalam laga menjamu Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Minggu (8/3/2020) sore hari ini.

Panitia pelaksana pertandingan (panpel) Arema akan menyiapkan hand sanitizer untuk penonton. Pengadaan cairan pembersih kuman tersebut untuk antisipasi pencegahan penyebaran virus corona atau covid-19 yang saat ini sudah menjadi persoalan seluruh dunia. Bahkan beberapa liga sepak bola negara lain sudah menghapus tradisi 'salaman' sebelum pertandingan karena penyebaran virus itu.

"Kami akan tetap siap menggelar pertandingan meskipun adanya penyebaran virus corona itu. Tapi kami upayakan  keamanan dan kesehatan dengan melakukan pencegahan, yaitu meletakkan hand sanitizer di beberapa gate," ujar Abdul Haris, ketua panpel Arema.

Rencananya hand sanitizier  sementara akan diberikan untuk penonton di tribun VIP dan VVIP saat akan memasuki stadion atau tepatnya di pintu masuk. "Untuk ekonomi, akan kami bicarakan dulu dengan tim kesehatan Arema soal di mana yang akan kami tempatkan hand sanitizer-nya," imbuh Haris.

Ditanya berapa jumlah hand sanitizer yang disiapkan di setiap gate, Haris mengaku belum menghitung secara detail. Tapi pihaknya terus terang telah menyiapkan untuk pencegahan penyebaran meski di Malang Raya belum ada informasi resmi tentang penderita positif virus tersebut. "(Untuk jumlahnya) belum tahu, nanti akan kami koordinasikan berapanya," tukas dia.

Untuk diketahui, karena isu penyebaran virus corona sudah sampai di Indonesia, PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi menunda laga tuan rumah Persija melawan Persebaya yang sedianya digelar Sabtu (7/3/2020) kemarin.