Salah satu puskesmas yang ada di Desa Beji, Kecamatan Junrejo.
Salah satu puskesmas yang ada di Desa Beji, Kecamatan Junrejo.

Pelayanan kesehatan terus ditingkatkan oleh Pemkot Batu. Rencananya, tidak lama lagi akan ada penambahan satu puskesmas di Kecamatan Bumiaji.

Penambahan puskesmas itu dikarenakan selama ini Kecamatan Bumiaji hanya memiliki satu puskesmas yang berada di Desa Pandanrejo. Dengan adanya penambahan satu puskesmas di Bumiaji, maka Kota Batu memiliki 6 puskesmas.

“Tidak lama lagi Kota Batu puskesmasnya bertambah satu. Jadi nanti ada enam puskesmas,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, Kartika Trisulandari.

Ia menambahkan, detailed engineering design (DED) puskesmas di Kecamatan Bumiaji rampung tahun 2020 ini. Sehingga pada tahun 2021 bisa dilakukan pembangunan.

“Kalau saat ini kita masih mencari tempat yang pas untuk pembangunan puskesmas, tapi masih belum tahu di mana,” imbuhnya.

Penambahan puskesmas itu dirasa cukup penting demi pelayanan masyarakat yang maksimal. Sebab, di wilayah Kecamatan Batu terdapat dua puskesmas. Begitu juga di wilayah Kecamatan Junrejo. 

“Supaya pelayanan lebih maksimal, apalagi jumlah penduduk di Bumiaji juga cukup banyak,” jelas perempuan yang juga berprofesi dokter gigi ini.

Dia menambahkan, pembangunan puskesmas di Bumiaji itu dianggarkan sebesar Rp 7,5 miliar.