Salah satu penerangan jalan umum di Jalan Sultan Hasan Halim, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Salah satu penerangan jalan umum di Jalan Sultan Hasan Halim, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Tahun 2020 penerangan jalan umum (PJU) bakal dimaksimalkan oleh Pemkot Batu. Rencananya kekurangan PJU itu akan ditambah sejumlah 3.147 unit.

Rinciannya kebutuhan di Kecamatan Bumiaji ada 1.093 unit. Lalu di Kecamatan Junrejo sejumlah 436 unit dan kecamatan Batu totalnya 1.619 unit.

“Kami usahakan kebutuhan dengan jumlah itu bisa dipenuhi pada tahun ini karena PR tahun ini,” ucap Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu Alfi Nurhidayat.

Ia menambahkan, penerangan jalan umum (PJU) di sejumlah wilayah itu mengalokasikan anggaran sebesar Rp 4 miliar. “Nanti pemasangan itu akan dilakukan secara bertahap. Karena ini kami lakukan untuk peningkatan pelayanan masyarakat,” kata Alfi.

Menurut dia, pemasangan itu dilakukan untuk menghindari adanya jaringan liar yang dipasang oleh masyarakat. Karena itu, pihaknya mengimbau masyarakat agar tidak membuat penerangan jalan tanpa mengikuti ketentuan yang berlaku.

“Sambungan liar bisa dikenakan sanksi hukum,” jelas pria yang juga dosen ini. Selain itu, dia meminta warga jika membutuhkan PJU bisa mengajukan permintaan secara resmi kepada DPUPR Kota Batu.

“Dan kami memastikan pengajuan warga akan ditindaklanjuti oleh dinas. Lebih baik mengajukan daripada memasang tanpa mengikuti ketentuan,” ucapnya. 

Tahun sebelumnya DPUPR Kota Batu sudah memasang 2.238 unit PJU di Kecamatan Batu. Lalu sejumlah 1.463 di Kecamatan Bumiaji dan 1.401 di Kecamatan Junrejo.