Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Pilkada Serentak 2020 Diharap Mampu Lahirkan Pemimpin Yang Bisa Sikapi Demokrasi

Penulis : M. Bahrul Marzuki - Editor : A Yahya

05 - Mar - 2020, 19:29

Placeholder
Wagub Jatim Emil Dardak

Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak berharap agar proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 23 September 2020 mendatang mampu melahirkan pemimpin yang matang dalam menyikapi demokrasi di era keterbukaan informasi. Apalagi, kematangan tersebut menjadi salah satu key performance indikator (KPI) dalam pelaksanaan demokrasi yang baik.

“Kemampuan untuk bisa menyikapi demokrasi di era keterbukaan informasi ini menjadi penting, karena bukan tidak mungkin tekanan yang ada saat ini akan mendorong untuk melakukan hal-hal yang sifatnya populer tapi belum tentu produktif,” ungkap Emil sapaan akrab Wagub Jatim saat menjadi pembicara pada Seminar Pemilihan Serentak 2020 “Jogo Jawa Timur, Aman dan Demokratis” di Hotel Kampi, Surabaya, Kamis (5/3). 

Lebih lanjut Emil mencontohkan, dalam menyikapi masuknya virus corona ke Indonesia, seorang kepala daerah harus tetap bisa menjaga ketenangan masyarakat. Namun, di sisi lain berbagai upaya untuk melindungi masyarakat harus tetap dilakukan di bawah komandonya. Dan tentunya tetap mengikuti instruksi Presiden beserta seluruh kementerian di bawahnya. 

“Isu yang saat ini marak adalah akibat adanya virus corona di Indonesia, dan yang terpenting kita harus menjaga ketenangan masyarakat. Dan masyarakat harus bisa diyakinkan atas berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah. Jangan sampai justru menimbulkan kebingungan,” urainya. 

Menurut mantan Bupati Trenggalek ini, seorang pemimpin yang bisa menyikapi demokrasi di era keterbukaan informasi dengan baik bisa bekerja sama antar lembaga. Selain itu, mampu menyelaraskan dan mengnyinergikan berbagai kebijakan. Dengan demikian, seorang pemimpin itu tidak bisa hanya rating popularitasnya yang tinggi, tapi juga harus bisa mewujudkan kemaslahatan masyarakat. 

“Demokrasi ini sebenarnya bukanlah tujuan akhir, namun merupakan proses untuk menuju kemaslahatan masyarakat,” imbuhnya. 

Emil melanjutkan, dalam menjalankan pemerintahan, pemimpin harus mampu menentukan prioritas meski sifatnya tidak populer. Misalnya, dalam hal pelapisan jalan yang masih bagus, masyarakat sering tidak perhatian terhadap hal ini. Padahal, hal itu perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya jalan berlubang. Karenanya, pemimpin dan seluruh pemangku kepentingan harus bisa memberi edukasi pada masyarakat.

“Pada proses pilkada serentak ini kami harapkan tidak hanya hal-hal yang popular saja yang disampaikan kepada masyarakat. Namun, juga kepada hal-hal yang terkait pembangunan pemerintahan,” tukasnya. 

Pada kesempatan itu, Emil mengapresiasi semua pihak yang akan maju menjadi calon kepala daerah di 19 kabupaten/kota di Jatim. Harapannya, kontestasi tersebut dapat berjalan dengan aman, lancar serta tingkat partisipasi masyarakatnya tinggi. 

“Kami dari Pemprov Jatim akan terus menekankan asas netralitas, dan menyambut baik semua calon-calon kredibel yang akan maju menjadi calon kepala daerah di 19 kabupaten/kota di Jatim,” pungkasnya. 

Sementara itu, pelaksanaan Pilkada 2020 yang serentak dilaksanakan di Jatim pada 23 September 2020 sendiri akan dilaksanakan di 19 kabupaten/kota. Kesembilanbelas daerah tersebut di antaranya Kab. Pacitan, Kab. Trenggalek, Kab. Banyuwangi, Kab. Lamongan, Kab. Ponorogo, dan Kota Surabaya.

 


Topik

Politik surabaya berita-surabaya Pilkada-Serentak-2020 Diharap-Mampu-Lahirkan-Pemimpin Yang-Bisa-Sikapi-Demokrasi Wakil-Gubernur-Jatim-Emil-Elestianto-Dardak Pilkada-serentak-23-September-2020 kota-surabaya



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Bahrul Marzuki

Editor

A Yahya