Salah satu peserta saat mengikuti Festival Anak Sholeh Kota Batu Kamis (5/3/2020). (Foto: Humas Pemkot Batu)
Salah satu peserta saat mengikuti Festival Anak Sholeh Kota Batu Kamis (5/3/2020). (Foto: Humas Pemkot Batu)

126 peserta dari tiga kecamatan di Kota Batu harus berjuang untuk bisa menjadi juara dalam Festival Anak Sholeh (FASI) ke XI Tingkat Kota Batu 2020. Kegiatan ini digelar untuk mencari bibit-bibit pelajar prestasi agar nantinya bisa membanggakan Kota Batu di kancah Jawa Timur.

“Pada tahun lalu perwakilan dari Kota Batu mampu berprestasi di tingkat Jawa Timur. Ke depan semoga bisa kembali berprestasi lagi,” ungkap Kepala Bagian Administrasi Kesra dan Sosial, Ismail Ghani, Kamis (5/3/2020).

Kegiatan lomba ini langsung dibuka oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. Lomba yang dipertandingkan dalam FASI tahun ini, di antaranya adalah Tartil TKA dan TPA, Tilawah TQA, Nasyid TKA dan TPA, Mewarnai TKA, Menggambar Kaligrafi TQA, Adzan dan Iqomah TKA, Adzan dan Iqomah TPA, Hafalan Juz Amma TQA, Kisah Islami, Pidato TKA, TPA, dan TQA, Praktik Salat, CCQ TKA, CCQ TPA, dan CCQ TQA.

Ia menambahkan, kegiatan ini digelar melihat banyak santri di Kota Batu yang memiliki bakat dalam hal tersebut. Sehingga dengan digelarnya lomba tersebut juga sebagai wadah untuk memberikan ruang bagi mereka untuk menunjukkan kemampuannya.

Juga untuk mencari bakat, minat serta menjaring para santri berprestasi di Kota Batu. "Agar menjadi generasi emas dan berakhlak mulia yang bisa membanggakan,” tambah Ismail.

Sementara itu, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menambahkan, dalam sambutannya mengatakan agar kegiatan itu bisa dipertahankan dan ditingkatkan kualitasnya. Tentunya untuk  menjaring dan mencari bibit pelajar yang berbakat dalam bidang ini.

“Mari kita persiapkan pendidikan anak-anak kita sejak dini, dengan harapan acara seperti ini bisa membentuk anak- anak yang soleh dan soleha,” harapnya.