Evakuasi mayat di dermaga Desa Megaluh, Jombang. ( Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)
Evakuasi mayat di dermaga Desa Megaluh, Jombang. ( Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)

Dua mayat ditemukan di aliran Sungai Brantas di Kecamatan Megaluh, Jombang dan Kecamatan Jatikalen, Nganjuk. Kedua mayat berjenis kelamin laki-laki itu diduga korban perahu tenggelam di Dusun Klaci, Desa Brodot, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang.

Dua mayat tersebut ditemukan oleh warga di lokasi yang berbeda, pada Senin (2/3) sekitar pukul 09.30 WIB. Pertama mayat ditemukan warga Jatikalen di sisi barat sungai, dan mayat kedua ditemukan warga Desa Megaluh, di sisi timur sungai atau di sekitar dermaga pasar Megaluh.

"Saat kita melakukan penyisiran ada warga teriak melaporkan ke kita ditemukan 1 diduga korban. Kemudian kita lakukan evakuasi. Saat ini ada dua yang kita temukan," ungkap petugas BPBD Jombang, Deni Santoso seusai melakukan evakuasi mayat.

Dikatakan Deni, satu mayat yang ditemukan di Jatikalen bercirikan badan tinggi besar, usia kisaran 30 tahu. Sedangkan mayat yang ditemukan warga di Megaluh, berusia paruh baya dengan ciri badan kecil.

"Kedua mayat ditemukan sudah menepi di pinggir," ujarnya. Sementara, Dantim Basarnas Surabaya Novix Heriadi belum bisa memastikan mayat yang ditemukan warga tersebut. Mayat saat ini dibawa ke RSUD Jombang untuk proses identifikasi. "Masih proses ident pak," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, sebuah perahu penyeberangan terbalik di Dusun Klaci, Desa Brodot, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, pada Sabtu (29/2) pukul 22.00 WIB. Perahu kayu bermesin diesel itu berpenumpang 6 orang, termasuk pengemudi perahu.

Akibat peristiwa itu, 4 orang dinyatakan hilang dan dua orang selamat. Berikut data korban perahu tenggelam:

1. Feriansyah (25), Dusun Sentanan, Desa Ngrombot, Kecamatan Patianrowo, Kabupaten Nganjuk (selamat)

2. Sukar (55), Dusun Klaci, Desa Brodot Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang (selamat)

3. Anista Sugandis (18), Dusun Klaci, Desa Brodot, Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang (dalam pencarian)

4. Surip (45), Dusun Klaci, Desa Brondot, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang (dalam pencarian)

5. Dadang (22), Dusun Sentanan, Desa Ngrombot, Kecamatan Patihanrowo, Kabupaten Nganjuk (dalam pencarian)

6. Lutvy Dwi Septina (23), Desq Pacar Peluk, Kecamatan Mengaluh, Jombang (dalam pencarian).(*)