Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Virus Corona (Covid-19) Menyerang Spanyol Hampir Sepekan Ini

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Nurlayla Ratri

02 - Mar - 2020, 08:53

Placeholder
Petugas kesehatan saat mempersiapkan proses evakuasi pasien virus Corona atau Covid-19.

Meluasnya wabah virus Corona atau Covid-19 yang mulai muncul di Wuhan, China, sekarang mulai menyerang negara-negara di Benua Eropa.

Ada beberapa negara di Benua Eropa yang mengumumkan bahwa virus Corona atau Covid-19 sudah menyerang negaranya, salah satunya Spanyol. 

Seperti yang dilansir dari kompascom, Kementrian Kesehatan Spanyol mengonfirmasi bahwa kasus virus Corona pertama kali menyerang Ibu Kota Spanyol yaitu Madrid pada Selasa (25/2/2020) malam. 

Awal mula kemunculannya di Kota Madrid virus Corona ini menyerang seorang pemuda berumur 24 tahun yang telah bepergian ke Italia Utara, seperti yang dikutip dari media Spanyol, Elpais. Pria itu menempati ruangan isolasi khusus dan dirawat secara intensif oleh tenaga medis yang ada di Rumah Sakit Carlos III. 

Di hari yang sana, Pemerintah Catalonia juga mengonfirmasi serangan pertama virus Corons atau Covid-19 di wilayah ibuu kotanya yaitu Barcelona. Virus Corona ini menyerang seorang perempuan Italia berumur 36 tahun yang tinggal di Barcelona. Perempuan tersebut langsung dirawat secara intensif di Rumah Sakit Clínic de Barcelona.

Sekretaris Kesehatan Masyarakat Eksekutif Catalonia, Joan Guix menjelaskan lebih rinci mengenai keberadaan perempuan tersebut. Dia berada di wilayah antara Bergamo dan Milan mulai tanggal 12 hingga 22 Februari 2020. 

"Situasinya ringan, dengan simptomatologi yang mirip dengan flu, tetapi dia baik-baik saja,"Ujar Guix.

Kementrian Kesehatan Spanyol mengumumkan hingga hari Rabu (26/2/2020) terdapat sembilan kasus virus Corona di wilayah teritori Spanyol. Setelah perawatan instensif, dua orang telah dipulangkan karena telah sembuh dari serangan virus Corona atau Covid-19. 

Spanyol terus melakukan investigasi mengenai persebaran virus Corona atau Covid-19 secara lokal. Karena persebaran virus secara lokal akan menyerang secara masif dan tidak mudah untuk mendeteksi.

Persebaran virus Corona atau Covid-19 secara, seperti yang dilansir dari CNN, pertama kali diketahui di daerah Selatan Andalusia pada hari Rabu (26/2/2020) menyerang seorang pria paruh baya berusia 62 tahun. Untuk penanganan lebih lanjut, pria itu dirawat secara intensi di ruangan isolasi Rumah Sakit Sevilla.

Kepala Koordinator Kondisi Gawat Darurat Kesehatan Kementerian Kesehatan Spanyol, Fernando Simon memberikan penjelasan singkat.

"Fakta bahwa belum mungkin untuk menentukan lokasi ia terinfeksi, berarti virus tersebut mungkin telah beredar selama beberapa waktu di Andalusia," jelas Simon dikutip dari perbincangannya dengan Radio Onda Cero pada Kamis (27/2/2020).

Pencegahan virus Corona atau Covid-19 tersebut juga disampaikan oleh Pensosbud KBRI Madrid Ekalyptha Setyo Cahyono, seperti yang dilansir dari Antara, Jumat (28/2/2020). 

KBRI Madrid menghimbau untuk seluruh Warga Negara Indonesia yang berjumlah sekitar 1.500 jiwa, agar meningkatkan kewaspadaan serta menjaga kebersihan dan kesehatan diri. 

Hal ini dapat dilakukan dengan sering membersihkan tangan menggunakan sabun antiseptik dan air, atau hand-sanitizer berbasis alkohol.

KBRI Madird meminta jika ada Warga Negara Indonesia di wilayah Spanyol mengalami indikasi terjangkit wabah virus Corona atau Covid-19, diharapkan segera menghubungi Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit terdekat atau Perwakilan Republik Indonesia di Madrid melalui nomor dan alamat kontak sebagai berikut : 
Hotline : +34-619-31-23-80
Email: •[email protected]
[email protected]

 


Topik

Peristiwa malang berita-malang berita-malang-hari-ini Virus-Corona Covid-19 corona-di-spanyol Rumah-Sakit-Carlos-III Pensosbud-KBRI-Madrid Ekalyptha-Setyo-Cahyono



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Nurlayla Ratri