Petugas Dispendukcapil Kab Blitar stand by di SLG Kediri selama pelaksanaan tes CPNS
Petugas Dispendukcapil Kab Blitar stand by di SLG Kediri selama pelaksanaan tes CPNS

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Blitar membuka bilik layanan pengaduan NIK dan KK di tempat ujian CPNS Kabupaten Blitar yang dilaksanakan di Simpang Lima Gumul (SLG), Kabupaten Kediri. 

Kepala Bidang Data dan Inovasi Pelayanan Dispendukcapil Kabupaten Blitar, Budi Santosa, menyampaikan dibukanya layanan ini sebagai antisipasi masalah sinkronisasi NIK dan KK dalam  dalam pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. 
“Kevalidan data itu benar-benar harus diterapkan peserta yang hadir. Dengan data yang ada harus sesuai,” ungkap Kabid Pelayanan Data dan Inovasi Pelayanan Dispendukcapil Kabupaten Blitar, Budi Santosa, Kamis (27/2/2020).

Dikatakanya, petugas Dispendukcapil standby selama ujian CPNS berlangsung. Dispendukcapil bertugas melakukan verifikasi dan validasi dokumen kependudukan milik peserta ujian CPNS.  Pelayanan Dispendukcapil ini mendapat respons bagus dari Bupati Blitar Rijanto dan Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito, yang meninjau langsung pelaksanaan ujian CPNS di SLG Kediri.

“Alhamdulilah selama kita pelaksanaan ujian CPNS tidak diketemukan ketidaksinkronan data peserta ujian CPNS,” paparnya.

Sekedar diketahui, ujian CPNS Kabupaten Blitar dilaksanakan selama 10 hari dan berakhir pada 27 Februari 2020.  Ujian CPNS Kabupaten Blitar diikuti 11 ribu peserta.

“Bagi peserta CPNS, lembar pendaftaran dengan dokumen yang dia bawa harus sesuai. Baik itu datanya maupun dicek biometri pesertanya. Untuk verval, kita tergantung dengan permintaan panitia. Apabila ada data yang mencurigakan dan biometrik dicek tidak sesuai, itulah tugas Dispendukcapil,” pungkasnya.(*)