Wali Kota Malang Sutiaji (dok.MalangTIMES)
Wali Kota Malang Sutiaji (dok.MalangTIMES)

Wali Kota Malang Sutiaji sarankan agar seluruh hotel dan tempat usaha di Kota Malang manfaatkan air baku PDAM Kota Malang. Hal itu salah satunya bertujuan untuk meningkatkan pendapatan daerah Kota Malang dari sektor bisnis.

"Sepanjang PDAM mampu memberi layanan, supaya hotel juga manfaatkan layanan PDAM dan nggak gunakan air bawah tanah. Ini salah satu contoh untuk meningkatkan PAD," katanya, Rabu (26/2/2020).

Sutiaji menyampaikan, optimalisasi pemanfaatan air bersih PDAM Kota Malang untuk kebutuhan hotel daan jenis usaha lainnya itu akan terus dikaji. Salah satunya berkaitan dengan ketersediaan air baku di Kota Malang. Sehingga, saat diterapkan nanti tidak lagi ada kesulitan.

"Jangan sampai sudah diklaim tapi ketersediaan airnya nggak ada," tambahnya.

Dia menyampaikan, pemanfaatan air baku PDAM Kota Malang itu nantinya akan dikerjasamakan dengan Disnaker-PMPTSP Kota Malang. Salah satu kaitannya adalah perihal perizinan dalam pemakaian air bersih.

"Jasa pemanfaatan nanti pastinya dengan nilai yang berbeda dengan masyarakat. Ini contoh pendapatan daerah agar tak memberatkan masyarakat," tambahnya lagi.

Sementara itu, Executive Assistant Manager Hotel Tugu Malang, Crescentia Harividyanti menyampaikan jika selama ini pihaknya telah memanfaatkan air baku PDAM Kota Malang. Sementara untuk air bawah tanah juga dimanfaatkan untuk menanam taman dan lain sebagainya.

"Karena kaitannya hieginitas, jadi kami sudah manfaatkan air baku PDAM Kota Malang sejauh ini," terangnya.