Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat mengangkat apel room beauty saat HPSN di Dusun Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu.
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat mengangkat apel room beauty saat HPSN di Dusun Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu.

Hingga saat ini apel merupakan ikon Kota Batu. Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke kota wisata ini tanpa menikmati atau membawa oleh-oleh apel Kota Batu. 

Pemerintah setempat pun banyak menggeber program untuk meningkatkan citra buah dengan nama spesies Malus domestica ini. Bahkan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko terus mempromosikan apel khas Kota Batu.

Hal itu ditunjukkan oleh Dewanti dalam beberapa kali kegiatan mempromosikan apel khas Kota Batu. Seperti hal seperti kegiatan pada Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020 di Dusun Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Minggu (23/2/2020).

Dalam kegiatan itu, terlihat Dewanti membawa apel dengan ukuran yang cukup besar, lebih besar dari kepalan tangannya. Apel itu diangkat dengan tangan kanannya di atas panggung. 

Foto itu dibagikan oleh Dewanti dalam unggahan di akun instagramnya.

Saat itu Dewanti mengajak para peserta gerak jalan dalam memperingati HPSN untuk mengangkat apel yang dipegang itu. Ia mengatakan jika apel itu merupakan buah yang sehat.

“Mau sehat? Ayo setiap hari untuk mengkonsumsi buah apel dari Kota Batu. Karena buah apel ini punya banyak kandungan vitaminnya,” kata istri Eddy Rumpoko ini.

“Dan... harus apel mBatu. Gak percaya? Coba saja. Sebab apel Kota Batu juga menjadi konsumsi saya setiap hari,” imbuhnya.

Bukan hanya meminta warganet untuk memakan apel  Kota Batu setiap hari agar sehat. Dewanti juga memberikan kuis yang cukup mudah dijawab warga Kota Batu.

Pertanyaan yang dilontarkan dalam keterangan foto itu yakni jenis apel yang dibawa oleh Dewanti. Tampak dalam foto, apel yang dibawa itu berwarna hijau dan sebagian kemerah-merahan dengan ukuran yang cukup besar.

“Ada yang tau gak ya, jenis apel yang saya pegang? Kalau ada yang tau saya kasih hadiah. Tapi tidak berlaku untuk wong mBatu, karena pasti sudah tahu jawabannya,” jelas mantan dosen ini.

Sayangnya pertanyaan itu hanya berlaku bagi warga yang ber-KTP luar Kota Batu. Tentunya itu mendapatkan banyak respon warganet yang menjadi pengikutnya di Instagram.

“Apel Room Beauty itu ibu Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. KTP Surabaya bu,” tulis @choirul_anwar009.

“Jenis apel room beauty. Ciri khas apel asli Kota Batu,” tulis @rsha_by.

“Apel Room Beauty bu Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. Hadiahnya sepeda ya,” tulis @innekewidjaya.