Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Perkaya Kualitas Pemuda Menuju Indonesia Emas, Unisba Blitar Gelar Seminar Kepramukaan

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

22 - Feb - 2020, 18:23

Placeholder
Seminar Kepramukaan sukses digelar Racana Supridadi-Fatmawati Unisba Blitar (Foto: Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Ratusan pelajar tingkat SMA/SMK mengikuti Seminar Nasional Kepramukaan di Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar, Sabtu (22/2/2020). Berlangsung santai sekaligus seru, peserta yang datang berasal dari berbagai daerah di Jawa  Timur bersemangat mengikuti kegiatan ini.

Pelaksanaan seminar yang dipelopori Racana Supriadi-Fatmawati dilaksanakan di Aula Serba Guna Kampus 1 Unisba Blitar, Jalan Imam Bonjol, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar. Kegiatan seminar dibuka oleh Wakil Rektor III Unisba, Dr H.M Supriyono, M.Ed.

Seminar kepramukaan kali ini menghadirkan dua narasumber. Yakni Kak Miluk Dwi Utama (Andalan Cabang Kwarcab Kota Blitar Bidang Hukum dan Organisasi) dan Murdoko Yudi Susianto (Pamong  Saka Kencana). Seminar kali ini mengusung tema Tri Bina Tegak Dega dengan topik implementasi Tri Bina Tegak Dega untuk memperkaya kualitas generasi muda menuju Indonesia emas di era milenial.

Wakil Rektor III Unisba Blitar, Dr H.M Supriyono, M.Ed, di kesempatan ini menyampaikan, kegiatan seminar kepramukaan ini dilaksanakan sebagai upaya membentuk pemimpin-pemimpin bangsa yang jujur, amanah, cerdas dan bijaksana.

“Gerakan Pramuka ini terus kita munculkan dan mereka (pemuda dan pelajar) kita bina melalui Unisba Blitar,” tegas Supriyono.

Lebih lanjut di kesempatan ini Wakil Rektor III berharap kepada Racana Supriadi-Fatmawati Unisba Blitar untuk tampil terdepan sebagai pioner dari seluruh kegiatan kepramukaan di Blitar Raya.

“Kami ingin Racana Supriadi-Fatmawati mendidik para pemuda untuk menjadi pemimpin-pemimpin yang baik. Dan tentunya kami dari Rektorat berharap kegiatan hari ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat luas. Dengan Pramuka kita turut serta dalam membangun Indonesia maju,” tandasnya.

Sementara itu Setiawan Adi Subagyo, menegaskan Pramuka penting untuk generasi muda dalam menghadapi era Revolusi Industri era 4.0. Melalui kegiatan serta programnya, Pramuka merupakan sarana efektif dalam pembentukan karakter.

“Pramuka itu penting dalam pendidikan karakter. Karakter yang dibentuk itu tidak perlu dengan teori yang muluk-muluk. Satu kali contoh lebih baik dari seribu ucapan dan seribu ungkapan. Kita kasih contoh satu kali saja yang berkarakter lebih baik daripada kita kasih contoh melalui seribu tulisan dan saran-saran, itulah Pramuka,” pungkasnya.(*)

 


Topik

Pendidikan blitar berita-blitar Ratusan-pelajar-tingkat-SMA/SMK mengikuti-Seminar Nasional-Kepramukaan Unisba-Blitar Kota-Blitar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni