Morisade. (Foto: istimewa)
Morisade. (Foto: istimewa)

Manusia memiliki warna kornea mata yang beragam, dari gelap hingga terang. Namun bagaimana jika satu manusia memiliki dua warna kornea mata yang berbeda? Kondisi ini disebut dengan heterochromia. Istilah tersebut berasal dari dua kata, yaitu hetero yang berarti berbeda dan chromia yang berarti warna. 

Heterochromia merupakan kelainan yang menyebabkan perbedaan warna kornea mata kanan dan kiri, namun justru menjadikan pengidapnya nampak unik dan indah.

Kelainan inilah yang menginspirasi band asal Kota Malang Morisade. Mengusung genre Altenative Pop, Morisade meluncurkan album pertama bertajuk "Heterochromia"

Seperti halnya ragam warna kornea mata, Morisade meramu beberapa karakter musik menjadi kesatuan yang menarik bagi pendengarnya di album ini.

Sebelas lagu yang terhimpun dalam album tersebut bercerita mengenai kefrustrasian diri dalam menghadapi kehidupan.

"Setiap lagu diilustrasikan oleh organ tubuh yang merupakan representasi dari kesakitan itu," kata Fahem, salah satu anggota Morisade.

Heterochromia ditutup oleh lagu berjudul "Healed" yang memiliki makna setelah manusia diterpa krisis hidup, mereka sembuh dengan akar yang lebih kuat.

Variatif, itulah kesan yang diterima audience ketika mendengarkan keseluruhan album, dengan aransemen dan dinamika yang disusun sedemikian rupa.

"Kami tidak ingin pendengar dihinggapi rasa yang itu-itu melulu," imbuh Mayed.

Setiap lagu memiliki gayanya tersendiri, namun tetap ada benang merah karakteristik Morisade.

Sebelumnya, Morisade telah merilis tiga single berjudul Watching You Go, Dalam, dan Bungkam sebagai perkenalan identitas musik Morisade kepada khalayak umum.

Keanekaragaman musik coba mereka tumpahkan dalam album tersebut, hal ini dapat kita temukan terutama pada single keempat mereka yaitu Fraction Of Happiness yang dirilis sebagai pendamping album.

Proporsi Jazz, Blues, dan Rock sengaja dipadukan secara segmented dalam lagu tersebut, sehingga tidak menjadikan Fraction of Happiness bergaya fusion.

Kalian wajib mencermati dinamika tiap lagu yang ada dalam Heterochromia. Komposisi musik Morisade akan membawa kalian pada corak musik yang berbeda.

Album Heterochromia sudah tersedia di Spotify, Deezer dan Youtube Music. Album fisiknya dapat dibeli dengan langsung menghubungi pihak Morisade melalui media sosial ataupun dibeli di Toko Rekam Jaya.