Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Inilah Rangkaian Acara Hari Peduli Sampah di Lumajang

Penulis : Moch. R. Abdul Fatah - Editor : Yunan Helmy

20 - Feb - 2020, 18:54

Placeholder
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lumajang Ir. Yuli Haris (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Kabupaten Lumajang akan diperingati dengan sejumlah acara menarik, mulai dari acara bersih-bersih, lomba peragaan busana, lomba Ekraf berbahan daur ulang dan acara lainnya yang bermaterikan peduli sampah dan lingkungan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang Ir. Yuli Haris kepada media ini mengatakan, rangkaian acara HPSN akan dimulai pada hari Jumat (21/2) besok dengan apel pagi yang akan dilanjutkan dengan bersih-bersih Kali Asem yang akan diikuti dengan bersih-bersih dilingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.

"Setelah paginya bersih-bersih Kali Asem, sore harinya akan dilanjutkan dengan lomba kerajinan yang akan memanfaatkan bahan daur ulang sampah. Jadi pada lomba ini, kerajinan yang dilombakan dibuat dilokasi lomba sampai dengan selesai," jelas Yuli Haris, sembari menjelaskan bahwa acara ini akan digelar di Gazebo Alun-Alun Selatan Lumajang, pada jumat siang sampai sore besok.

Sementara pada hari Sabtu (22/2) juga akan digelar Bazar Ekraf juga dari bahan dasar sampah dan akan dilaksanakan selama dua hari sampai dengan hari Minggu. Masyarakat bisa menyaksikan aneka barang menarik dari bahan daur ulang.

Diantara sekian acara yang cukup menarik adalah digelarnya acara peragaan busana yang akan dilaksanakan pada sabtu malam, dimana seluruh peserta akan mengenakan pakaian dari bahan daur ulang.

"Ini sudah ada contoh baju yang terbuat dari sak semen dan botol bekas yang diberi warna khusus. Melalui acara ini kita berharap semangat masyarakat akan terus semakin tinggi dalam memanfaatkan sampah untuk didaur ulang menjadi barang yang lebih bermanfaat," ujar Yuli Haris kemudian.

Khusus peragaan busana ini, para peserta akan menampilkan kebolehannya di depan Pendopo Arya Wiraraja Lumajang, dan berkeliling  Alun-Alun Lumajang agar masyarakat juga berkesempatan untuk mengabadikan moment tersebut.

"Alun-alun kita tutup selama lomba berlangsung karena bersamaan dengan Car Free Night," jelas Yuli kemudian.


Topik

Peristiwa lumajang berita-lumajang Rangkaian-Acara-Hari-Peduli-Sampah-di-Lumajang Hari-Peduli-Sampah-Nasional Kepala-DLH-Kabupaten-Lumajang-Ir-Yuli-Haris Pendopo-Arya-Wiraraja-Lumajang Alun-Alun-Lumajang Car-Free-Night



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moch. R. Abdul Fatah

Editor

Yunan Helmy