Suasana pertandingan Arema FC melawan Persija di babak pertama (Hendra Saputra)
Suasana pertandingan Arema FC melawan Persija di babak pertama (Hendra Saputra)

Arema FC harus mengakui keunggulan Persija Jakarta di babak pertama karena bermain sangat apik dan mampu menguasai jalannya pertandingan.

Persija Jakarta di babak pertama bermain sangat impresif, bahkan mampu mengalahkan Arema FC melalui gol tunggal Riko Simanjuntak melalui solo run.

Mario Gomez yang tetap menerapkan strategi pressing ketat nampaknya belum mampu merubah permainan Persija. Bahkan, Macan Kemayoran bisa bermain lebih enjoy pada pertandingan terakhir Grup B Piala Gubernur Jatim 2020.

Baru menit ketiga Arema FC sebenarnya sudah mendapatkan peluang melalui sundulan Oh In-Kyun memanfaatkan umpan sepak pojok Ridwan Tawainella, tapi sayang bola masih melambung tipis di atas mistar gawang Shahar Ginanjar.

Persija pun tak mau ketinggalan karena pada menit ke 22 Riko Simanjuntak membuat Aremania tertegun karena melakukan solo run dari seperempat lapangan hingga masuk kotak penalti. Hanif Sjahbandi yang mengejar Riko nyatanya tak mampu mengejar dan menghasilkan gol.

Gol tersebut setidaknya melecut semangat Arema FC untuk terus menyerang pertahanan Persija, tapi duet Otavio Dutra dan Maman Abdulrahman tidak bisa ditembus trio penyerang Singo Edan yakni Jonathan Bauman, Mariando Uropmabin dan Kushedya Hati Yudo.

Hingga menit ke 45, Arema FC tak mampu menciptakan gol sehingga babak pertama dimenangkan Persija Jakarta dengan skor 0-1 melalui gol solo run Riko Simanjuntak.