Sosialisasi KPU Goes To School di SMAN 2 Kota Blitar (Foto: Team BlitarTIMES)
Sosialisasi KPU Goes To School di SMAN 2 Kota Blitar (Foto: Team BlitarTIMES)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar, menggelar roadshow sosialisasi tahapan pemilihan wali kota dan wakil wali kota (Pilwali) Kota Blitar 2020 di SMA Negeri 2 Kota Blitar, Kamis (6/2/2020). Kegiatan ini melibatkan siswa dan siswi yang berdomisili atau warga Kota Blitar.

Substansi dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman kepada para pemilih pemula dan pemilih muda terkait pentingnya untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), menggunakan hak pilih, dan mengawasi proses tahapan Pilwali.

Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Sosialisasi, Rangga Bisma Aditya dalam paparannya menjelaskan terkait syarat-syarat pemilihan. Disampaikan pula bahwa Pilkada Kota Blitar 2020 merupakan pesta demokrasi yang harus disukseskan oleh seluruh warga Kota Blitar.

“Secara khusus karena mereka (pelajar) adalah pemilih pemula, maka kami secara teknis mensosialisasikan memilih secara baik dan benar. Karena biasanya yang terjadi seperti salah lipat, kemudian terbuka sebagian. Kemudian mentati tata aturan, seperti tidak bermain HP saat ke TPS,” ungkap Rangga. 

Sosialisasi ini diikuti dengan antusias oleh para siswa SMAN 2 Kota Blitar. Banyak pertanyaan yang diajukan terkait Pilwali Kota Blitar 2020. Rangga berharap semangat yang ditunjukkan oleh para pelajar dapat menjadi salah satu dorongan suksesnya gelaran Pilkada Kota Blitar.

“Kami juga mengajak kepada adik-adik yang usianya 17 tahun untuk berpartisipasi aktif sebagai penyelenggara pesta demokrasi. Karena usianya sudah 17 tahun maka untuk pertama mereka bisa belajar dengan menjadi anggota KPPS di lingkunganya masing-masing. Kami membuka kesempatan tenaga-tenaga muda untuk ikut menjadi anggota KPPS. Karena kami membutuhkan anak-anak muda yang melek teknologi dimana dalam gelaran Pilwali Kota Blitar nanti kami mulai menerapkan e-Rekap,” paparnya.

Lebih dalam Rangga menyampaikan, sosiliasi Pilwali Kota Blitar Goes To School dan Goes To Campus akan terus digelar oleh KPU Kota Blitar di bulan Februari ini. Sosialisasi ke lembaga pendidikan ini dimasifkan setelah rilis data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Blitar terdapat 6000 pemilih pemula di Kota Blitar.

“KPU Goes To School ini kami konsentrasikan di bulan Februari, atau 7 bulan jelang pemilihan. Namun ketika melihat padatnya jadwal, di bulan Mei kita Idul Fitri, di bulan April sudah bulan puasa, Maret adik-adik kita ujian nasional, maka kami konsentrasikan ini di bulan Februari. Harapan dengan sosialisasi ini kami mengharap siswa yang di bulan September nanti menjadi mahasiswa di luar kota bisa pulang untuk ikut pencoblosan dalam rangka menyalurkan hak suaranya dalam gelaran Pilwali Kota Blitar,” pungkasnya.(*)