Kondisi truk yang nguling sesaat sebelum dievakuasi dengan mobil derek (Foto : Istimewa)
Kondisi truk yang nguling sesaat sebelum dievakuasi dengan mobil derek (Foto : Istimewa)

Akses lalu lintas diseputaran Jalan Raya Talanggagung, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang sempat macet total. Penyebabnya, ada insiden truk ngguling di kilometer 110-111 arah Malang menuju Blitar, Senin (27/1/2020).

Kanit Laka Lantas Polres Malang, Ipda Agus Yulianto, menerangkan jika kendaraan muatan yang nguling dan menyebabkan kemacetan tersebut merupakan truk nopol F-8704-UN, yang dikemudikan oleh Didin Krisdita (26), warga Dusun Sembon Durenan, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang.

”Berdasarkan hasil olah TKP (Tempat Kejadian Perkara) dan pendalaman petugas dari keterangan beberapa saksi mata, penyebab kecelakaan tunggal ini diduga karena truk mengalami hilang kendali saat melalui akses jalan yang menanjak,” terang Agus.

Dari data yang dihimpun kepolisian, truk yang bermuatan tebon jagung tersebut melintas dari arah timur dengan kecepatan sedang. Setibanya dilokasi kejadian, truk yang diduga melebihi muatan ini tiba-tiba oleng saat menempuh jalan tanjakan. Di saat bersamaan, truk yang hendak berbelok ke arah kiri itu seketika terguling.

Mengetahui jika laju kendaraannya tidak stabil, pengemudi dan ketiga orang penumpangnya yakni Jumadi (25), Sarijan Gumelar (25), dan Ramban (23) langsung berupaya menyelamatkan diri. ”Tidak ada korban jiwa, hanya mengalami luka ringan. Truk yang terguling juga tidak sampai terperosok kedalam jurang yang ada di lokasi kejadian,” ungkap Agus.

Meski hanya menyebabkan kerugian materil, masyarakat setempat serta pengguna jalan yang mengetahui adanya kecelakaan tunggal langsung membantu para korban.

Di sisi lain, anggota Laka Lantas Polres Malang yang mendapat laporan adanya kecelakaan juga dikerahkan ke lokasi kejadian. Dengan menggunakan alat berat, truk muatan tebon jagung itu langsung dievakuasi. Disaat bersamaan, akses lalu lintas yang sempat macet kembali normal setelah truk di derek dari pinggir jalan. ”Masih penyidikan, truk yang terlibat kecelakaan sudah kami amankan sebagai barang bukti,” tutup Agus.