Kanan Ketua KPU RI Arief Budiman saat melihat digitalisasi Rumah Pintar Pemilu (RPP) di Kawasan Jawa Timur Park 1, jalan Kartika, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Jumat (24/1/2020). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Kanan Ketua KPU RI Arief Budiman saat melihat digitalisasi Rumah Pintar Pemilu (RPP) di Kawasan Jawa Timur Park 1, jalan Kartika, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Jumat (24/1/2020). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

‘Jauh Lebih Modern’ kalimat itulah yang terucap dari Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI)) Arief Budiman saat meninjau langsung Rumah Pintar Pemilu (RPP)di Kawasan Jawa Timur Park 1, jalan Kartika, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Jumat (24/1/2020).

Arief meninjau RPP tersebut terlebih dahulu dengan meresmikannya bersama Wakil Wali Kota batu Punjul Santoso. Setelah memotong pita di pintu masuk RPP ini, Arief langsung diajak melihat layar yang cukup besar menampilkan beragam suguhan dengan cara disentuh.  Arief pun cukup terkesan dengan digitalisasi tersebut.

Kemudian Arief bersama Punjul diajak bermain dengan menembak menggunakan pistol pada papan yang bertuliskan Golongan Putih, Pemilih Pragmatis, Pemilih Ideologis, dan Pemilih Cerdas. Lewat pistol yang ditembakkan pada papan itu, ke duanya tepat sasaran pada pemilih cerdas.

Keduanya dan para pengunjung yang hadir pun dibuat tertawa. Lalu pada sudut ruangan itu juga terdapat spot yang terbalik yang menggambarkan sebuah hoaks yang sering beredar belakangan ini.

Di sudut lainnya, Arief mencoba sebuah patung tanpa kepala merupakan petugas KPU Kota Batu, yang memang disuguhkan untuk  berswafoto. Yang mana di belakangnya itu terdapat ikon-ikon penyelenggaran pemilu di masing-masing di berbagai daerah.

Kemudian ada juga layar 75 inch, juga miniatur tata cara pemungutan suara di Tempat Pemunguatan Suara (TPS). Dan beragam permainan yang menarik untuk dimainkan di sana. “Di Kota Batu merupakan RPP nasional ke dua, dibandingkan dengan sebelumnya ini jauh lebih modern. Kalau sebelumnya lebih banyak data manual dan buku,” ucap Arief.

“Dan di sini (RPP Kota Batu) permainannya juga lebih lengkap. Ya semoga ke depan bisa dikunjungi lebih banyak wisatawan,” imbuhnya.

Menurut Arief digitalisasi terus dilakukan di era saat ini. Sedang tujuan dibangunnya RPP nasional ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. Tentunya agar memiliki pengetahuan di luar kepemiluan.