Jemput bola dan sosialisasi E-SIAP dilaksanakan Dispendukcapil Kab Blitar di Desa Kedungwungu
Jemput bola dan sosialisasi E-SIAP dilaksanakan Dispendukcapil Kab Blitar di Desa Kedungwungu

Untuk Memberikan pelayanan kependudukan kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Blitar gencar melakukan ‘jemput bola’. Terbukti, upaya ‘jemput bola’ ini cukup berhasil dan banyak dimanfaatkan oleh masyarakat.

Layanan jemput bola salah satunya dilaksanakan Dispendukcapil di Desa Kedungwungu, Kecamatan Binangun, Kabupaten Blitar, Selasa (21/1/2020). 

Kegiatan yang dipusatkan di kantor desa setempat ini mendapat respon sangat baik dari masyarakat. 

Terbukti ratusan orang datang untuk mengurus e-KTP, akta kelahiran, kartu keluarga hingga kartu identitas anak (KIA).

Kepala Bidang PDIP Dispendukcapil Kabupaten Blitar, Budi Santosa, mengatakan layanan jemput bola kali ini juga dibarengi dengan sosialisasi tertib adminduk.

“Kita beri sosialisasi dan kita sampaikan bahwa untuk pengurusan adminduk sekarang sudah tidak manual lagi, pengurusanya sudah melalui E-SIAP. Diharapkan masyarakat mengurus adminduk lewat E-SIAP karena efektivitas waktu. Mengakses E-SIAP sewaktu-waktu bisa, tidak harus pagi. Apabila masyarakat ada kesibukan, E-SIAP bisa diakses sewaktu-waktu,” ungkap Budi Santosa kepada BLITARTIMES.

Dikatakannya, layanan jemput bola disambut baik oleh masyarakat Desa Kedungwungu. Paling banyak ialah pemohon e-KTP dan KIA.

“E-KTP ada e-KTP rusak, ganti status, dan lainnya. Untuk e-KTP kemarin kita cetak Suket (surat keterangan) sebanyak 96. Kemudian yang mengurus KK kita cetak draft kita cetak draft dan KK nya nanti dicetak di Kantor Kecamatan. Sementara untuk pemohon KIA ada hampir 100 pemohon, seluruhnya kita langsung cetak dan selesai,” paparnya.

Lebih dalam Budi Santosa menyampaikan, kedepan layanan jemput bola dan sosialisasi E-SIAP akan dilaksanakan di seluruh desa di wilayah Kabupaten Blitar.

”Insyaalah seluruh desa di Kabupaten Blitar akan kita datangi,” pungkasnya.(*)