Sejumlah elemen masyarakat yang ikut dalam penghijaun pada hari ini (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Sejumlah elemen masyarakat yang ikut dalam penghijaun pada hari ini (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Untuk mengatasi permukaan air di Danau Ranu Lading desa Sumberwringin Kecamatan Klakah, Perhutani Lumajang melalukan penanaman 500 tanaman buah di sekeliling Ranu Lading, pada hari ini, Rabu (22/1).

Penanaman pohon ini diikuti Forkopimka Klakah, anggota Polsek dan Koramil Klakah, perangkat desa di sekitar desa Sumberwringin, siswa sekolah dasar di Sumberwringin dan sejumlah elemen masyarakat lainnya.

Camat Klakah Yoga Pratomo dalam kesempatan ini mengajak warga di sekitar Ranu Lading untuk ikut merawat tanaman buah ini.

Sementara itu Asper/KBPKH Perhutani di Klakah Soegiharto Aries kepada media ini mengatakan, untuk saat ini ditanam sebanyak 500 pohon. Targetnya untuk musim penghujan ini jumlah yang ditanam mencapai seribu pohon.

"Warga tinggal merawat tanaman ini. Buahnya bisa dinikmati, tapi dilarang menebang pohonnya. Dengan tanaman buah ini diharapkan permukaan air Ranu Lading tidak turun sedrastis ini jika musim kemarau," kata Soegiarto Aries, sembari mengatakan bahwa permukaan Ranu Lading saat ini turun sekitar 10 meter.

Masih kata Soegiarto Aries, bibit buah yang ditanam pada hari ini diantaranya Alpukat, Durian, Pete, Nangka, Sirsak dan Salam. Seluruh tanaman ini nantinya jika berbuah bisa dinikmati masyarakat dan tetap menjaga kelestariannya.

Ranu Lading merupakan salah satu danau di Lumajang yang memiliki pemandangan yang cukup bagus. Sayangnya permukaan air terus turun akibat kemarau panjang. Demikian juga dengan infrastruktur jalan menuju Ranu Lading ini masih cukup memprihatinkan.