Suasana kegiatan parenting yang dilakukan MI Sulaimaniyah di Mojoagung, Jombang. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)
Suasana kegiatan parenting yang dilakukan MI Sulaimaniyah di Mojoagung, Jombang. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)

JOMBANGTIMES - Madrasah Ibtidaiyah Sulaimaniyah, Kecamatan Mojoagung, Jombang mempunyai cara tersendiri untuk mengajak para wali murid mendidik para siswa. Cara tersebut dengan mengajak seluruh wali murid belajar bersama.

Kegiatan yang digagas oleh Kepala MI Sulaimaniyah, Nur Zakiyah melibatkan 800 siswanya beserta 800 orang tua siswa. Kegiatan yang diberi nama Super Parenting ini, bertujuan untuk mengasah olah rasa siswa ke orang tua.

Dalam seharian, ratusan siswa MI Sulaimaniyah ini berkegiatan bareng bersama orang tua dalam kegiatan parenting yang digelar oleh sekolah. 

"Tujuan kami mengajak wali murid untuk ikut mendidik, membimbing dan mengantarkan anak-anaknya sukses dunia dan akhirat," terang Zakiyah saat diwawancarai di Graha Berdikari, Desa Mancilan, Kecamatan Mojoagung Jombang, Selasa (7/1) pagi.

Dikatakan Zakiyah, mendidik anak-anak bukanlah melulu tugas dari para guru di lembaga pendidikan. Namun, peran serta orang tua juga sangat diperlukan. 

Pada kegiatan parenting ini, ratusan siswanya diajak berinteraksi langsung dengan para orang tua melalui permainan dan doa-doa yang dipandu langsung oleh motivator yang dihadirkan.

Untuk mengasah olah rasa siswa ke orang tua, motivator yang didatangkan dari Sidoarjo mengajak ratusan siswa untuk memeluk para orang tuanya yang mendampingi saat itu.

"Super Parenting ini targetnya untuk tambahan wawasan wali murid dalam membimbing anaknya. Jadi agar ada kesinambungan dalam mendidik, jadi tidak dibebankan semua ke sekolah tapi orang tua juga terlibat. Jika ingin anaknya sukses, orang tua harus terlibat," ujarnya.

Sementara, kegiatan parenting yang dilakukan oleh pihak MI Sulaimaniyah ini disambut positif oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang. Parenting ini dinilai bisa menciptakan hubungan emosional orang tua dalam hal perkembangan pendidikan anak-anaknya.

"Saya kira ini sangat positif sekali. Orang tua bisa ikut serta memantau perkembangan anak-anaknya baik di sekolah maupun di luar sekolah," kata Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang, Syaifuddin.(*)