Kepala Kemenag Nawawi saat memberikan buku pedoman GERAMM kepada Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko di Stadion Brantas.
Kepala Kemenag Nawawi saat memberikan buku pedoman GERAMM kepada Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko di Stadion Brantas.

Untuk membangun madrasah dengan mengoptimalkan potensi madrasah, Kementerian Agama Kota Batu meluncurkan Gerakan Ayo Membangun Madrasah (GERAMM). Gerakan ini dihadirkan untuk mewujudkan madrasah yang hebat dan bermartabat. 

Program GERAMM itu meliputi Gerakan literasi madrasah (GELEM). Kemudian ada Gerakan Madrasah Inovasi (GEMI). Ada juga Gerakan Madrasah Sehat (GEMES). Lainnya Gerakan Fudurul 'Ainiyah (GEFA) juga Gerakan Peningkatan Kompetensi Guru (KATA SIGURU).

Selain itu, ada Gerakan Peningkatan Kompetensi Kepala Madrasah (KATA SIKAMAD) dan Gerakan Peningkatan Kompetensi Pengawas (KATA SIAWAS).

Kepala Kementrian Agama Kota Batu Nawawi mengatakan, melalui GERAMM ini seluruh komponen madrasah dapat dibangun dan ditingkatkan kemampuannya. Juga dapat menjadi dasar dalam membangun dan mengembangkan literasi pada madrasah.

“Lalu mendesain madrasah yang inovatif, madrasah yang sehat dengan pengembangan dan evaluasi Unit Kesehatan Sekolah, serta tidak melupakan pengembangan furudul ainiyah,” ungkapnya.

Tidak hanya itu saja, program-program yang masuk dalam GERAMM juga menyentuh pengembangan sumber daya manusia (SDM) madrasah. Yakni kepala madrasah, guru, dan pengawas. 

“Semoga lewat program yang sudah disiapkan ini, ke depan mewujudkan madrasah yang hebat dan bermartabat,” harapnya.