Dialog interaktif mengusung tema peningkatan SDM untuk pengelolaan SDA Bima yang digelar di Coffee Times (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Dialog interaktif mengusung tema peningkatan SDM untuk pengelolaan SDA Bima yang digelar di Coffee Times (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

Mengawali tahun 2020, Coffee Times gelar dialog interaktif bersama Calon Bupati Bima, Nimran Abdurrahman. Bukan hanya itu, dialog yang mengusung tema Upaya Membangun Kesadaran SDM Dalam Mengelola SDA Demi Kesejahteraan Daerah Bima itu juga dihadiri dua pemantik lainnya yaitu Ilhammudin Nukman dan Juardin Al-Sadra.

Dialog interaktif yang berlangsung sejak pukul 14.30 WIB itu pun diikuti oleh puluhan mahasiswa yang aktif belajar di Kota Pendidikan ini. Kegiatan yang digelar Republik Mahasiswa Ngali Malang (Reman Malang) dan bekerjasama dengan Coffee Times itu pun terlaksana dengan tertib dan menelurkan banyak inovasi baru untuk kemajuan Bima.

Mengawali dialog, Calon Bupati Bima, Nimran Abdurrahman menyampaikan, generasi muda menjadi tonggak penting dalam pergerakan kemajuan bangsa dan daerah. Bima sendiri selama ini tak pernah lepas dari perjuangan anak-anak muda yang selalu dibanjiri dengan inovasi dan kreasi.

"Selama 15 tahun terakhir Bima mengalami ketertinggalan dalam banyak bidang, maka sudah menjadi kewajiban anak muda untuk turut melakukan pembangunan," katanya, Kamis (2/1/2019).

Menurutnya, anak muda harus membuka diri dengan setiap kemajuan yang ada. Namun harus tetap pada kaidahnya untuk tetap meningkatkan kesejahteraan daerahnya. Terlebih, Bima merupakan daerah agraris yang sangat kaya akan sumber daya alam yang berlimpah.

Dia berpendapat, peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan sumber daya manusia (SDM) perlu dilakukan sejak dini. Ketika SDM ditingkatkan, dia optimis SDA yang dimiliki mampu dikembangkan lebih baik lagi. Sehingga, kesejahteraan masyarakat dapat tercapai.

"Potensi SDA di Bima sangat besar, ketika SDM ditingkatkan, maka akan lebih berkembang lagi dan kesejahteraan masyarakat makin terjamin," tambahnya.

Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan SDM dia yakini mampu membuat Bima kembali maju. Dengan begitu ia berharap agar sumber pendapatan asli daerah (PAD) Bima nantinya tak hanya dari sektor agraris saja, tapi juga dikembangkan melalui banyak sektor lainnya.

"Dan yang paling penting lagi adalah upaya memajukan daerah melalui sistem pemerintahan yang berbasis online," tegasnya.

Sementara itu, salah satu Dewan Pembina Organisasi Reman Malang, Zulkaidah menambahkan, dialog interaktif yang digelar untuk membuka tahun 2020 itu memang sengaja mengangkat tema tentang upaya peningkatan SDM dalam mengelola SDA Bima. Karena Bima merupakan daerah dengan potensi yanh luar biasa. Dengan menghadirkan beberapa pembicara yang berbeda, dia berharap generasi muda terutama anak-anak Bima yang tengah merantau di Malang memiliki perspektif untuk membangun Bima.

"SDA Bima harus dipertahankan melalui peningkatan SDM," pungkasnya.