Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Stunting Kota Malang Ditargetkan Turun, Dinkes Maksimalkan Pelayanan di Tiap Kelurahan

Penulis : Arifina Cahyati Firdausi - Editor : Yunan Helmy

26 - Dec - 2019, 16:23

Placeholder
Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Supranoto (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Persoalan stunting masih menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. Dari data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, hingga November 2019 lalu, angka stunting teecatat mengalami penurunan 19,7 persen atau tepatnya sekitar 1.640 kasus.

Jumlah tersebut memang sudah mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai angka 2.000 kasus. Meski begitu, upaya penekanan masih terus digencarkan. Dinkes Kota Malang menargetkan, tahun 2020 kasus stunting ada penurunan hingga 1.000 kasus.

Lalu, upaya apa saja yang dilakukan guna menanggulangi hal itu? Kepala Dinkes Kota Malang Supranoto menyatakan, sederet upaya dilakukan dalam menekan angka stunting di Kota Malang. Antara lain pemberdayaan kader kesehatan di masing-masing kelurahan. Para kader ini yang akan memantau gizi ibu hamil dan kondisi sebelum kehamilan.

"Selama ini pendampingan selalu dilakukan oleh kader kesehatan di masing-masing kelurahan. Itu untuk memantau kondisi ibu hamil. Termasuk saat masih dalam rencana untuk kehamilan hingga pada seribu hari pertama kelahiran si anak," ujarnya.

Kemudian, ada juga inovasi baru yang sudah mulai dijalankan. Misalnya keberadaan posyandu remaja. Hal itu untuk memberikam edukasi sejak dini, khususnya kepada perempuan berkaitan dengan reproduksi.

Upaya ini sebagai salah satu pemantauan agar pemenuhan gizi bagi bayi yang dilahirkan dan kondisi ibu sesuai dengan yang telah ditetapkan. Sehingga target penekanan kasus stunting tahun depan dapat terpenuhi. "Edukasi ini yang harus terus dilakukan agar stunting benar-benar dapat ditekan nantinya," pungkas Supranoto.


Topik

Kesehatan malang berita-malang Dinas-Kesehatan-Kota-Malang Stunting



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arifina Cahyati Firdausi

Editor

Yunan Helmy