Motor ojek yang terjebak banjir Jakarta ( Akun FB Birgaldo Sinaga)
Motor ojek yang terjebak banjir Jakarta ( Akun FB Birgaldo Sinaga)

Banjir Jakarta yang terjadi Selasa (17/12/2019) kemarin, telah membuat abang ojek menderita kerugian. Yakni, rusaknya motor ojek mereka karena mesin dipenuhi air banjir.

Kondisi itu membuat mereka tak bisa beraktifitas normal untuk mencari uang dikarenakan mesin motor mogok dan rusak. Tentunya para abang ojek ini harus merogoh kocek pribadi untuk memperbaiki kerusakan motornya yang jadi kuda tunggangan mencari uang.

Kondisi ini seperti yang disampaikan oleh salah satu ojek bernama Wahyu di akun Facebook (FB)-nya, Rabu (18/12/2019).

"Hari ini terpaksa off ngegojek. Motor ngadat gara² kemaren abis kerendem banjir terus langsung tak nyalain. Kata org bengkel air masuk ke mesin, jadi oli kecampur air. Tadi pagi udh di ganti olinya tapi begitu di nyalain motor jadi ngebull putih sama suara kaya parutan kelapa, kata org bengkel boringan baret," tulisnya.

Curhatan Wahyu ini juga terjadi kepada para ojek lainnya yang terjebak dalam kubangan air banjir yang menggenangi 19 titik di wilayah Jakarta. Baik di Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, dan Jakarta Barat, dengan ketinggian beragam di berbagai ruas jalan, yakni antara 10-40 centimeter (cm).

Peristiwa itulah yang membuat akun bernama Birgaldo Sinaga, penulis dan politikus, seperti di biodata FB-nya, turun tangan untuk meringankan beban para Abang ojek yang motornya rusak tergenang banjir Jakarta. Melalui akun FB-nya Birgaldo Sinaga menuliskan, "Banjir Mengoyak Dompet Bang Ojek On Line. Kemarin banjir melanda Jakarta. Banyak motor abang ojek terendam. Banjir sebentar yang mengepung Jakarta ini tentu merugikan mereka. Motornya mogok dan harus diservis di bengkel. Padahal berapalah pendapatan mereka setelah seharian bekerja. Apa yang mau dibawa ke rumah untuk anak istri jika uang yang didapat malah untuk biaya bengkel? Buat abang2 ojek yang ketiban rugi ngeluarin duit untuk bayar perbaikan motor, ada dana sekitar 20 juta untuk  kalian yang motornya kerendam banjir. Caranya gampang.Kirimkan foto bukti struk perbaikan motor akibat terendam banjir dari bengkel resmi. Kirimkan ke no WA 0812 8073 2197. Jangan lupa kirimkan nomor rekening anda. Saya akan transfer biaya servis langsung ke rekening anda," tulisnya.

Tulisan itu pun dibagikan Birgaldo Sinaga dibakuk Twitter nya yang membuat warganet memberikan apresiasinya. Walau pada awalnya diduga hanya hoax, tapi setelah beberapa ojek mengirimkan foto struk servis, warga pun semakin salut. 
Birgaldo Sinaga pun memahami hal itu. Maka kembali dirinya memposting terkait bantuan uang untuk servis gratis ojek yang terdampak banjir Jakarta.

"Hello Bang Ojek OL..Banyak yang bertanya apakah bantuan perbaikan servis motor akibat banjir ini benar atau hoax? Banyak yang  bertanya demikian di WA. Barusan seorang abang Ojek kirim data. Langsung saya transfer gak pake lama.
Yang penting, jika motor abang ojek terendam banjir dan akibatnya perlu diservis, silahkan:

1. Langsung kirim bukti kwitansi perbaikan bengkelnya.

2. SC akun ojek abang.

3. Kirim no rek.

Kirimkan ke WA 0812 8073 2197..

Tetap semangat ya," tulisnya sambil memposting foto percakapannya dengan ojek yang telah mendapatkan ganti biaya servis motornya.

Warga lini masa tak hanya memberikan apresiasi saja kepada Birgaldo terkait persoalan itu. Tapi juga menariknya pada upaya bisa tidaknya masyarakat melakukan gugatan atas kerugian yang dideritanya.

@liemkianheng menanyakan hal itu di lini masa, sebagai berikut :"Kasus banjir begini bisa dituntut class action gak ya. Mohon pencerahan ahli hukum," cuitnya yang langsung mendapat jawaban dari akun @himalayaaa__, "Bisa, merujuk UU RI No. 32/2009 ttg perlindungan & pengelolaan lingkungan hidup. Atau Citizen Lawsuit, hak gugat warga negara thdp pemerintah yg dianggap mlkukan perbuatan mlwn hkm (onrrechmatig daad) krn lalai mengurusi lingkungannya. CA bs sekaligus gugatan perdata/ganti rugi,".

Walau secara teori bisa dilakukan, tapi warganet lainnya apatis atas class action. "Kalau ini berhasil diterapkan dari dulu, negara ini sudah bangkrut mengganti rugi rakyatnya. Hukum citizen lawsuit cuma jadi dongeng sebelum tidur di Indonesia, " cuit @mrevanoc. 

Maka, apa yang dilakukan Birgaldo merupakan tindakan konkret dalam membantu meringankan beban masyarakat yang asetnya kena rusak banjir.

@CaptVK77 menuliskan, "Tindakan nyata Abangku @BirgaldoS. Really touched. Tuhan memberkati selalu dan jadi inspirasi bagi banyak orang," ucapnya.