Sejumlah kendaraan angkutan umum diperiksa Satlantas Polres Blitar.(Foto : Team BlitarTIMES)
Sejumlah kendaraan angkutan umum diperiksa Satlantas Polres Blitar.(Foto : Team BlitarTIMES)

Satlantas Polres Blitar melakukan pengecekan kendaraan umum dan cek kesehatan pengemudi, Rabu (18/12/2019). 

Pengecekan ini dilakukan menjelang libur perayaan Natal dan Tahun Baru.

Dalam pengecekan ini petugas melakukan ramp check atau pengecekan kendaraan angkutan umum dan angkutan barang untuk mengetahui kelaikan beroperasi selama libur natal dan tahun baru. Selain kelaikam dan surat kendaraan pengemudi juga dites kesehatannya.

Kapolres Blitar AKBP Budi Hermanto mengatakan, kegiatan ramp check ini dilakukan untuk memastikan kesiapan dan kelaiakan angkutan umum, yang akan melayani arus libur perayaan natal dan tahun baru. 

Selain itu pengecekan kelaikan ini juga untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas di wilayah Kabupaten Blitar.  

"Kami melakukan ramp check atau pengecekan kendaraan angkutan umum dan angkutan barang untuk menekan angka kecelakaan utamanya menjelang libur Natal dan Tahun Baru. Karena salah satu faktor kecelakaan adalah human eror," jelas AKBP Budi Hermanto.

Selain melakukan pengecekan terhadap kesehatan para pengemudi kendaraan umum  pihaknya juga memberikan pengecekan kesehatan terhadap anggota Satlantas Polres Blitar.  

Hal ini dilakukan  untuk memastikan  kesehatan anggota di lapangan selama bertugas dalam   pelaksanaan operasi lilin semeru 2019.

"Selain kelaikan kendaraan dan mengecek kesehatan pengemudi kami juga mengecek kesehatan anggota kepolisian yang nanti akan bertugas di lapangan sela Operasi Lilin Semeru 2019. Hal ini kami lalukan agar pengamanan selama Operasi Lilin Semeru 2019 berjalan maksimal," tegasnya.(*)