Graduation Night Blitar Youth Festival sukses digelar Dinas Parbudpora Kab Blitar.(Foto : Malik Naharul/BlitarTIMES)
Graduation Night Blitar Youth Festival sukses digelar Dinas Parbudpora Kab Blitar.(Foto : Malik Naharul/BlitarTIMES)

Guna mencari potensi-potensi talenta muda millenial berbakat, Dinas Pariwisata Budaya pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar menggelar ajang pencarian bakat Blitar Youth Festival 2019 di Pendopo Sasana Adhi Praja Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab), (15/12/2019).

Kegiatan ini merupakan malam kelulusan (graduation night) dari para peserta Workshop Kreativitas Pemuda dalam ajang pencarian bakat talenta muda di bidang MC, Fashion Designer, dan juga Modeling yang dimulai sejak bulan September 2019 lalu dan diikuti oleh 200 pemuda se Kabupaten Blitar.

Kegiatan ini adalah kegiatan dari Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar untuk membangkitkan potensi dan memberikan kesempatan pada pemuda-pemuda Blitar untuk unjuk kelebihannya masing-masing. Untuk kali ini fokusnya ada di bidang Master of Ceremony (MC), Fashion Designer dan Modelling," kata Yudi Eko Prasetyo, Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disparbudpora Kabupaten Blitar.

Menurutnya, potensi pemuda di Blitar raya perlu terus digali untuk mendukung kegiatan entertainment dan event-event pariwisata. Nantinya, sejumlah event-event promosi pariwisata yang telah dirancang oleh pemkab tentu akan membutuhkan kreativitas para kaum muda.

"Ini adalah malam puncak kelulusan para peserta Workshop kreativitas pemuda yang digelar sejak bulan September lalu. Dari 200 peserta yang mengikuti kegiatan tersebut ada 40 peserta di bidang Modeling, 24 Desainer, dan MC 20 yang di wisuda pada malam ini," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso mengatakan ajang pencarian bakat semacam ini tentu sangat baik, terutama untuk memberikan kesempatan bagi pemuda-pemudi Kabupaten Blitar untuk memperoleh kesempatan untuk mengembangkan diri. Selain itu, tentunya untuk regenerasi serta memberikan ruang kepada pemuda untuk mengembangkan bakatnya di bidang MC, Fashion Designer dan juga modeling.

"Untuk menunjang pembangunan di Kabupaten Blitar tentunya tidak cukup hanya dari segi pariwisata saja. Tentunya harus didukung dengan event-event yang menarik untuk lebih mengenalkan Blitar, pada event-event itu tentu dibutuhkan adanya MC, Model dan juga Fashion Desainer. Untuk itu, ajang pencarian bakat seperti ini harus tetap kita dukung untuk membawa Kabupaten Blitar lebih maju," jelasnya.

Suhendro berharap, dengan adanya ajang pencarian bakat seperti ini nantinya Kabupaten Blitar bisa menjadi daerah yang layak bagi para pemuda untuk mengembangkan bakatnya. Diharapkan nantinya dengan kehadiran pemuda-pemuda millenial yang memiliki berbagai macam talenta di bidang entertainment seperti ini dapat memberikan sumbangsih dan kemajuan bagi Kabupaten Blitar.

"Seperti kita ketahui bersama para pemuda di Kabupaten Blitar setelah lulus sekolah banyak yang merantau dan kuliah di luar kota. Dengan event-event seperti ini diharapkan dapat memberikan peluang bagi para pemuda untuk berkaya untuk kota kelahirannya Blitar tercinta," tandasnya.(*)