Foto muhlis/jatimtimes/Arumi Bachsin
Foto muhlis/jatimtimes/Arumi Bachsin

Kopi Bondowoso benar-benar memiliki ciri khas tersendiri yang mampu membuat ketagihan penikmat kopi. Bahkan Arumi Bachsin, istri Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, saat berkunjung ke Bondowoso selama dua hari mengaku menyukai kopi Bondowoso karena aroma dan rasanya.

Mantan artis itu mengaku telah mencoba kopi Bondowoso saat menginap di salah satu hotel. Termasuk mencoba kopi arabika yang disajikan oleh salah satu pelaku kopi di stan acara pengukuhan pengurus Dekranasda Bondowoso.

"Ternyata kopi Bondowoso itu tidak bisa diremehkan. Kopi Bondowoso endul. Mantul, mantap betul. Kopinya enak.  Biasanya kan ada kopi  yang asam ya, after taste-nya. Kalau ini tidak, ringan. Wanginya makin pekat makin bagus," ungkap Arumi. 

Menurut Arumi, kopi saat ini merupakan salah satu komoditas kekinian. Sebab, banyak anak muda zaman now yang gemar memgonsumsi kopi. Habit ini  berbanding terbalik dengan zaman dulu, kala kopi  hanya disukai mayoritas orang dewasa. 

Di sisi lain, komoditas kopi pun kali ini memberikan peluang kepada anak muda untuk bisa berani membuka usaha.  "Saya harap ini menjadi concern dan kepedulian bersama atas kebun kopi yang ada di Bondowoso. Dirawat dan dijaga. Dan harapan saya, kalau bisa, juga dijaga organiknya," ucap Arumi.