Anggota Kijang Innova Lovers saat di lautan pasir Gunung Bromo
Anggota Kijang Innova Lovers saat di lautan pasir Gunung Bromo

Puluhan pecinta Kijang Innova di bawah bendera komunitas Kijang Innova Lovers (Kilers) selama 13-15 Desember 2019 mengadakan jambore nasional (jamnas) yang pertama di Kota Malang,Jawa Timur.

Jambore nasional pertama Kilers yang berlangsung sangat meriah dan sukses ini mengusung slogan “United of Diversity”. Maknanya bersatu dalam keanekaragaman. Slogan ini merepresentasikan latar belakang member club Kilers yang berasal dari seluruh Nusantara dengan latar belakang sosial budaya yang berbeda-beda, tapi mempunyai satu wadah yang kompak dan mempersatukan, yaitu Kilers.

Semangat persatuan dan kekompakan ini jugalah yang membawa puluhan anggota berdatangan dari berbagai daerah untuk touring bersama menuju Kota Malang demi menyukseskan acara jambore nasional ke-1 ini. Tercatat  puluhan kendaraan anggota ikut berpartisipasi. Mereka datang antara lain dari Medan, Padang, Palembang, Riau, Lampung, Banten, Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung, Kerawang, Tasikmalaya, Garut, Bandung, Jogjakarta, kota-kota di Jawa Tengah, Surabaya, Sidoarjo, dan tentunya Kota Malang sebagai tuan rumah. 

Rombongan peserta jamnas dari Sumatera awalnya berkumpul di Tangerang dan bergabung dengan rombongan dari wilayah Banten untuk berangkat touring bersama peserta dari Jakarta dan sekitarnya menuju Kota Malang. Sebagian besar peserta berangkat dari Jakarta menuju Malang pada 13 Desember 2019.

Dikarenakan besarnya rombongan yang akan berangkat touring menuju Malang, diputuskan untuk membagi keberangkatan menjadi beberapa rangkaian rombongan. Yaitu rombongan yang berangkat siang dan rombongan yang berangkat malam. Masing-masing rombongan  sepakat berkumpul di Km 102 tol Cikampek-Palimanan sebagai titik koordinasi dan persiapan konvoi menuju Kota Malang. Adapun rute yang dilalui yaitu Jakarta–Cikampek –Pekalongan-Semarang–Solo–Ngawi–Madiun–Surabaya–Malang. 

Acara jamnas yang dimulai dengan perjalanan touring panjang menuju Kota Malang  diisi dengan mengunjungi kota-kota yang dilewati. Di sana anggota Kilers bersilahturahmi dengan sesama pecinta Kijang Innova dari berbagai daerah. Rombongan touring jamnas juga melakukan kegiatan wisata kota.

Sementara keesokan harinya, 15 Desember 2019, seluruh peserta melakukan kegiatan bersama mengunjungi beberapa objek wisata di sekitar Malang. Antara lain wisata Museum Angkut dan wisata Secret Zoo. Tak lupa, para peserta ramai-ramai melakukan touring ke lautan pasir Gunung Bromo. 

Puncak acara Jambore Nasional Ke-1 Kilers pada Sabtu 14 Desember 2019 berpusat di Batu. Acara puncak  berlangsung sehari penuh, dari pagi hingga malam, dan dibagi dalam dua sesi kegiatan.

Sesi pertama berlangsung dari pagi hingga sore yang diisi dengan berbagai acara. Mulai dari pembukaan jamnas, perkenalan perwakilan dan member, game atau permainan-permainan yang menarik dan berhadiah, serta aneka macam kontes mobil peserta jamnas. "Sesi kedua berlangsung malam hari, diisi dengan gala-dinner, pembagian hadiah lomba dan door prize, serta hiburan musik," ungkap Ketua Umum Kilers H Erwin Hendrawan.