Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

ASN Hanya Cari Muka dan Saling Menjatuhkan, Bupati Malang: Laporkan, Saya Siap Pecat

Penulis : Dede Nana - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

13 - Dec - 2019, 14:40

Placeholder
Bupati Malang Sanusi tegas akan tindak dan pecat ASN yang kerjanya hanya cari muka pimpinan dan menjatuhkan rekan kerjanya (Nana)

Bupati Malang Sanusi memberikan peringatan keras kepada seluruh jajarannya di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang. Terkait kinerja aparat sipil negara (ASN) maupun kepada organisasi perangkat daerah (OPD) yang tak mampu berjalan seiring dengan visi misi Kabupaten Malang.

Peringatan keras itu tak main-main. Dimana, Sanusi secara tegas mengatakan, apabila ada ASN di tubuh Pemkab Malang yang tak bisa bekerja dan hanya mencari muka serta hanya mencari kesalahan rekannya, maka sanksi pecat akan langsung diberikan kepada ASN tersebut.

"Jika ada ASN yang berbuat seperti itu langsung laporkan. Saya siap pecat ASN yang seperti itu,” ucap Sanusi secara tegas, beberapa waktu lalu.

Sikap tegas tersebut diambil, lanjutnya, dikarenakan ASN di seluruh OPD Pemkab Malang dituntut untuk menampilkan kinerja prima sekaligus koordinasi dan sinergi yang baik. Tiga indikator itu, menjadi harga mati bagi berjalannya roda pemerintahan dalam menjalankan pelayanannya kepada masyarakat.

Tanpa adanya ketiga indikator itu pula, maka dipastikan roda pemerintahan tak bisa berjalan maksimal. "Dan hal itu bisa diwujudkan bila seluruh ASN bekerja semakin giat serta mampu melakukan koordinasi dan sinergi. Baik dengan rekan kerja di OPD-nya maupun lintas OPD," ujar Sanusi.

"Bila ASN dalam menjalankan tugasnya hanya menjatuhkan rekannya untuk mencari muka pada pimpinannya, maka laporkan. Saya siap memecatnya," imbuh politisi PKB Kabupaten Malang ini.

Tak hanya di tataran personal ASN saja, peringatan keras itu disampaikan. Di tingkatan OPD pun Sanusi menegaskan akan melakukan evaluasi dan memberikan sanksi bila tak bisa melakukan sinergitas dalam mewujudkan tiga program strategis Kabupaten Malang sampai 2021 mendatang. Dimana, dirinya akan memberikan sanksi berupa pemindahan atau mutasi bahkan bisa juga adanya penurunan jabatan.

Peringatan keras dari orang nomor satu ini dilakukan agar seluruh program strategis bisa dituntaskan di awal tahun 2021. Hal ini agar tak ada berbagai program tersisa dan menjadi catatan kurang elok dalam pelayanan masyarakat.

Untuk mengantisipasi hal itu pula Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Malang pun terus memberikan berbagai penguatan kepada seluruh ASN. Baik melalui kegiatan positif dan mampu melahirkan para abdi dan pelayan masyarakat berprestasi. Yakni ASN yang berkinerja baik, adaptatif serta mampu bekerjasama dalam sebuah kelompok dan lintas sektoral. 

Salah satunya melalui ajang ASN berprestasi setiap tahunnya. Ajang ASN berprestasi menurut Nurman Ramdansyah Kepala BKPSDM Kabupaten Malang, bisa dijadikan ruang evaluasi bagi pimpinan untuk melihat jajarannya.

"Melaluinya, para pimpinan di OPD bisa melihat mana jajarannya yang berprestasi. Tentunya prestasinya bukan sekedar karena pintar saja. Tapi juga mampu bekerjasama dengan rekan dan kelompoknya sesuai jabatan dan posisinya," ujarnya.

Lewat ajang itu pula apa yang diharapkan Bupati Malang juga bisa diwujudkan dan terus dimasifkan pada seluruh ASN di Kabupaten Malang.

"Untuk pembinaan kepegawaian pun terus digalakkan. Sehingga seluruh ASN memiliki kompetensi yang sesuai di era saat ini. Ini semua untuk kemajuan bagi Kabupaten Malang sendiri," tandas Nurman.


Topik

Pemerintahan malang berita-malang Bupati-Malang-Sanusi aparatur-sipil-negara Pemerintah-Kabupaten-Malang organisasi-perangkat-daerah-



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Dede Nana

Editor

Sri Kurnia Mahiruni