Organisasi Ekstra Kampus terus bergerak sesuai dengan tuntutan zaman. Salah satunya adalah Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).

 Sebagai organisasi kaderisasi, PMII  terus melakukan penguatan sumber daya kader sebagai jawaban. 

Demikianlah disampaikan Ketua Umum Pengurus Cabang (PC) PMII Kabupaten Situbondo Faizul Mubarak di gedung Pusat Pendidikan Masyarakat (PUSPEMAS) Desa Gelung Kecamatan Penarukan Kabupaten Situbondo. 

"Dari Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) sekarang sampai ke jenjang kedua yaitu Pelatihan Kader Dasar (PKD)" ujarnya, Kamis (12/12/2019).

Opening ceremonial yang di mulai dari jam 12.30 WIB, diikuti seluruh kader dan anggota PMII di Kabupaten Situbondo serta peserta PKD delegasi dari cabang PMII se-Tapal Kuda. 

PKD tersebut akan dilaksanakan selama 5 hari ke depan yakni dari tanggal 12-16 Desember 2019 seperti disampaikan  Ketua Panitia Pelaksana PKD Ahmad Faisol. 

Faisol, sapaan akrabnya, juga meminta agar peserta mengikuti kegiatan secara seksama dan serius sehingga kader yang dilahirkan mampu terjun sebagai kaum intelektual muda yang mampu memberi solusi terhadap berbagai persoalan yang muncul di tengah-tengah masyarakat. 

Kader PMII harus menjadi garda terdepan dalam memberikan solusi terhadap keadaan serta menebar manfaat bagi sekitar. 

Demikian pesan Ketua Majelis Pembina Komisariat (MABINKOM) Anas Wijaya guna menegaskan arah kaderisasi. 

"Arah kaderisasi PKD haris ini, wajib mencetak kader yang memiliki kontribusi dan cerdas dalam menaggapi tantangan zaman," tegas Anas.