Bupati Blitar Rijanto memberikan apresiasi dan penghargaan kepada penyandang disabilitas berprestasi di bidang olahraga.(Foto : Malik Naharul/BlitarTIMES)
Bupati Blitar Rijanto memberikan apresiasi dan penghargaan kepada penyandang disabilitas berprestasi di bidang olahraga.(Foto : Malik Naharul/BlitarTIMES)

Peringati Hari Disabilitas Internasional, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar mengajak masyarakat menjadikan Kabupaten Blitar jadi tempat ramah bagi para penyandang disabilitas.

Hal itu dikatakan Bupati Blitar Rijanto saat menghadiri kegiatan Sosialisasi Peningkatan Kesejahteraan Untuk Mewujudkan Ekonomi Inklusi Bagi Penyandang Disabilitas' yang digelar di Pendopo Sasana Adhi Praja, Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar, Rabu (11/12/2019).

Peringatan hari Disabilitas Internasional ini digelar Dinas Sosial Kabupaten Blitar dan diikuti oleh 250 penyandang disabilitas se Kabupaten Blitar. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dari berbagai pihak terhadap persoalan penyandang disabilitas.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Blitar Rijanto memberikan apresiasi dan penghargaan kepada penyandang disabilitas berprestasi di bidang olahraga asal Kabupaten Blitar, yang telah menorehkan prestasi apik di Kejuaraan Daerah Atletik Disabilitas NPCI (National Paralympic Commitee Indonesia) Jatim.

“Saya sangat terharu dan kagum atas prestasi disabilitas dalam mengikuti kejuaraan NPCI. Apresiasi yang tinggi untuk mereka yang telah meraih kejurda NPCI di antaranya di kejuaraan tolak peluru, kejuaraan lempar cakram, kejuaraan lempar lembing dan kejuaraan lari 400 meter,” kata Bupati Rijanto saat ditemui BLITARTIMES.

Menurutnya, prestasi dari para penyandang disabilitas dalam bidang olahraga ini juga tidak lepas dari usaha semangat juang mereka dan ketelatenan pata pelatih yang selalu memberikan arahan kepada para atlet disabilitas.

“Tentunya selain usaha dan semangat juang mereka juga ada tangan dingin para pelatih yang selalu telaten dalam membina para atlet disabilitas ini. Selain itu, dengan kemauan yang keras, alhamdulillah membuahkan hasil yang luar biasa,” ungkap Rijanto.

Bupati berharap prestasi positif ini akan tetap dipelihara bahkan untuk ditingkatkan. Pemkab Blitar juga tidak segan-segan memberikan pembinaan dan penghargaan yang tinggi bagi siapa saja yang mampu memberikan prestasi baik kepada Kabupaten Blitar.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini mengatakan, saat ini pihaknya juga telah memberikan sarana produktif yang ekonomis bagi kaum disabilitas. Itu dibuktikan dengan pendidikan dan pelatihan pembuatan kain percik bagi kaum disabilitas.

"Selain di Bidang olahraga, Dinas sosial juga memberikan kursus-kursus untuk meningkatkan ekonomi para penyandang difabel. Diantaranya, kursus menjahit, kursus membuat kue dan yang paling menonjol yakni batik percik dan batik ciprat karya difabel dari Resapombo. Ini kita anjurkan untuk dipakai oleh para staf di lingkungan OPD dan juga terus kita bantu pasrkan ke masyarakat luas," tandasnya.(*)