Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Sarbumusi Jember Nilai UMK Jember Hanya Cukup Untuk Pekerja Yang Masih Jomblo

Penulis : Moh. Ali Mahrus - Editor : Moch. R. Abdul Fatah

09 - Dec - 2019, 16:34

Placeholder
Ketua Sarbumusi Jember M. Faruq saat memberikan statemen terkait kenaikan UMK di Jember (foto : Ali Makrus / Jatim TIMES)

Kenaikan Upah Minimum Kabupaten (UMK) kabupaten Jember untuk tahun 2020 oleh Pemerintah Jawa Timur dan disosialisasikan hari ini oleh Bupati Jember, ditanggapi Ketua Sarbumusi Jember M. Faruq.  Menurut Faruq, besaran UMK untuk kabupaten Jember saat ini dinilai masih rendah, dibandingkan dengan kebutuhan hidup saat ini.

“Saya bersyukur UMK ada kenaikan, tapi meski demikian, kenaikan ini masih belum ideal dibandingkan dengan kebutuhan masyarakat saat ini, idealnya UMK di Jember itu diatas 2,5 juta, kalalu masih 2,3 juta, itu hanya cukup untuk pekerja yang masih lajang alias Jomblo,” ujar Faruq Senin (9/12/2019) saat mengikuti sosialisasi UMK yang digelar di Pendopo Wahyawibawagraha.

Menurut Faruq, untuk pekerja yang sudah memiliki keluarga, angka 2,3 juta perbulan masih dirasa kurang, terlebih bagi mereka sudah memiliki anak usia sekolah. 

“Bayangkan saat ini kebutuhan hidup sudah banyak mengalami kenaikan, belum lagi kalau punya anak dan sekolah, tentu akan merasakan kalau UMK saat ini masih kurang,” beber Faruq.

Seperti diberitakan sebelumnya, UMK Jember sesuai surat keputusan Gubernur Jatim Nomor 188/568/KPTS/013/2019 tentang Upah Minimum Kabupaten/Kota di Jawa Timur tahun 2020, UMK Jember naik dari Rp. 2.170.917 menjadi Rp. 2.355.662,91, sosialisasi UMK ini sendiri disampaikan oleh Bupati Jember dihadapan pengusaha dan beberapa forum pekerja. 

Sebelumnya Bupati Jember dr. Faida mengklaim kenaikan UMK Kabupaten Jember merupakan bentuk kepedulian pemerintah setempat terhadap nasib para buruh.(*)


Topik

Ekonomi jember-berita-jember Ketua-Sarbumusi-Jember-M.-Faruq Kenaikan-Upah-Minimum-Kabupaten-kabupaten-Jember Gubernur-Jatim



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moh. Ali Mahrus

Editor

Moch. R. Abdul Fatah