Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Gudang Obat RSUD Ploso Jombang Terbakar, Api Sambar Ambulans

Penulis : Adi Rosul - Editor : Yunan Helmy

09 - Dec - 2019, 15:39

Placeholder
Kondisi gudang obat RSUD Ploso pasca-terbakar. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)

Gudang obat milik RSUD Ploso, Desa Rejoagung, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang, terbakar pada Senin (9/12) siang. Kebakaran yang terjadi diduga akibat korsleting listrik yang berasal dari instalasi AC (air conditioning) di dalam gudang.

Gudang obat yang terbakar ini tepat berada di belakang gedung rawat inap RSUD Ploso. Kebakaran ini menghanguskan seluruh bagian bangunan. Atap bangunan juga ambruk karena kerangka kayu pada genting hangus terbakar. Selain bangunan, terlihat sebuah mobil ambulans yang terparkir di samping gudang obat  ikut terbakar.

Api yang membakar gudang obat RSUD Ploso ini pertama diketahui oleh salah satu driver rumah sakit, Ahmad Santoso. Ia mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 12.15 WIB. 

Saat itu Santoso bersama rekannya sedang siram-siram air di depan gudang obat. "Waktu saya siram-siram. ada bau terbakar. Terus saya lihat ternyata sumbernya di dalam ruangan ini (gudang obat, red). Keluar api dari lubang AC itu," ujarnya saat diwawancarai di lokasi kejadian.

Santoso yang melihat api semakin membesar lantas melapor ke pihak sekuriti dan langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran. Ia juga sempat berusaha memadamkan api secara manual dengan menyiramkan air dari keran air di sekitar lokasi.

"Saat itu tidak ada orang di dalam. Saya sudah berusaha memadamkan tapi tidak bisa karena apinya besar,"  ucapnya.

Sementara, untuk memadamkan kobaran api di gudang obat RSUD Ploso ini, pasukan pemadam kebakaran dari BPBD Jombang menerjunkan dua mobil PMK. Api berhasil dipadamkan setelah satu jam dari awal kejadian.

"Alhamdulillah tadi tidak sampai merambat ke tempat lain. Tidk ada ledakan juga. Semuanya bisa dikendalikan. Korban juga tidak ada," terang Kasi Kesiapsiagaan BPBD Jombang Gunadi di lokasi.

Menurut Gunadi, kebakaran tersebut diakibatkan adanya korsleting listrik dari instalasi AC di dalam ruangan. "Dugaan sementara ini dari AC. Cuaca ini kan panas. Pemakaian AC terlalu panas sehingga terjadi korsleting," pungkasnya.

 


Topik

Peristiwa jombang-brita-jombang peristiwa-kebakaran-di-jombang kebakaran-gudang-obat-di-jombang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Adi Rosul

Editor

Yunan Helmy