Gamal Albinsaid
Gamal Albinsaid

Lapangan kerja untuk milenial menjadi salah satu program yang ditawarkan dokter Gamal Albinsaid sebagai modal berniat maju di Pilwali Surabaya 2020. 

Program tersebut didasari atas temuannya saat berkunjung ke beberapa daerah di Surabaya. Dia menerima banyak keluhan dari pemuda Surabaya yang kesulitan mendapat pekerjaan.

Atas hal itu, Gamal menyiapkan Impact, program yang akan melahirkan wirausaha muda dan pembukaan lapangan pekerjaan.

"Dengan Impact Surabaya, kami akan
berperan aktif memberikan pembinaan dan pendampingan gratis kepada 1.000 muda-mudi Surabaya untuk mendapatkan pendampingan dalam memulai usaha," papar Gamal usai melaunching Impact Surabaya di Paco Coworking Space, Taman Bungkul Surabaya, Minggu (8/12/2019).

Menurut Gamal, sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS) 2018 angka pengangguran di Surabaya masih 6,12 persen, meskipun Pemkot telah melakukan banyak upaya membuka lapangan kerja.

"Karenanya, Impact diharapkan bisa mengurai jumlah pengangguran itu," tandas penerima penghargaan HRH The Prince of Wales Young Sustianbaility Entrepreneur Award dari Kerajaan Inggris tersebut.

Impact Indonesia sejak lahir Juni 2019 lalu, tutur Gamal, telah melahirkan alumni yang banyak memberikan dampak sosial yang baik bagi masyarakat. 

Sebanyak 774 orang bergabung bersama Impact Indonesia dan mengikuti berbagai program yang disediakan.

Dalam program ini terdapat pusat transfer of knowledge, pelatihan, pembinaan, inkubasi, dan akselarasi kewirausahaan yang holistik, komprehensif, berdampak, dan berkelanjutan.

"Melalui Impact Surabaya, kami berkomitmen menyemburkan jutaan manfaat untuk wirausaha muda di bumi Surabaya," terang Jubir Prabowo Subianto-Sandiaga UNo di Pilpres 2019 itu.

Program yang ditawarkan adalah pinjaman modal usaha tanpa bunga tanpa agunan,
kelas wirausaha langsung dan kelas wirausaha online, konsultasi online, technical support, inkubasi akhir pekan, kompetisi wirausaha dan penghargaan wirausaha muda.

"Kami bantu mereka mengurus legal perusahaan (legal support), kami bantu
mereka terhubung dengan mitra-mitra yang tepat yang bisa membantu mereka
(networking support)," katanya.

"Tak hanya itu, kami juga bantu mereka mengembangkan produk yang tepat yang
memenuhi kebutuhan pasar (product development support that meets market needs), serta kami bantu mereka membentuk dan mengelola timnya," pungkas Gamal.