Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hukum dan Kriminalitas

Jika "Pendekar" Silat Onar, Perguruan Serahkan Sendiri Ke Polisi, Ini Tujuh Kesepakatan Lengkapnya..

Penulis : Anang Basso - Editor : A Yahya

06 - Dec - 2019, 20:15

Placeholder
Sesepuh dan Pengurus Perguruan menandatangani MoU di Mapolres Tulungagung / Foto : Dokpol / Tulungagung TIMES

Akhirnya, sejumlah perguruan silat di Tulungagung melakukan rakor dan penandatanganan nota kesepahaman di depan polisi. Kegiatan positif untuk Tulungagung aman dan damai itu dilaksanakan, Jumat (06/11) siang di Mapolres Tulungagung. 
"Kegiatan ini mengundang pengurus perguruan pencak silat yang ada di Tulungagung," kata Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia melalui Paur Humas Ipda Anwari.

Selain Kapolres dan unsurnya, hadir antara lain dari Kodim 0807 Tulungagung, Bakesbangpol dan juga pengurus perguruan silat.

Perguruan silat yang hadir di antaranya, IPSI, PSNU Pagar Nusa, IKSPI Kera Sakti, Porsigal, Persinas ASAD, PSH Winongo Tunas Muda, PS Cempaka Putih, sesepuh PAMUR, Kramat Asmo Jati, PSHT, PS Cipta Sejati, Paguyuban Pencak Silat Kecamatan se Kabupaten Tulungagung.

Dalam sambutannya Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia, mengaku bangga dengan banyaknya perguruan pencak silat dan diharapkan peran perguruan pencak silat dapat mewujudkan situasi yang Ayem Tentrem Mulyo Tinoto sesuai dengan Jargon Polres Tulungagung yaitu Agunge Sikap Tulung Tinulung (Astuti). 

"Saya meyakini bahwa Ketua dan Sesepuh Perguruan Pencak Silat adalah pribadi yang cinta damai dan guyub rukun. Adat ketimuran dan budaya tolong menolong yang selama ini menjadi ciri warga Tulungagung dirasa menipis namun justru ego pribadi dan ego kelompok yang saat ini diagungkan," ujar EG Pandia.

Kapolres meminta agar aktifitas perguruan pencak silat khususnya konvoi untuk ditinggalkan. Selain itu, Ketua Perguruan diharapkan dapat menjaga marwah dan nama baik perguruan. 
"Apabila situasi Kamtibmas kondusif masyarakat akan nyaman dalam mencari nafkah," tegasnya.

Selesai sambutan dari Kapolres Tulungagung dilanjutkan dengan pembuatan dan penandatanganan Nota Kesepahaman / MOU Perguruan Pencak Silat.

Inilah poin yang tertulis dalam MOU yang telah ditandatangani itu.

1. Seluruh Perguruan Pencak Silat bersedia dan wajib menjaga situasi kamtibmas yang aman, tertib dan kondusif, dengan tidak melakukan perbuatan anarkis.  

2. Seluruh Perguruan Pencak Silat bersedia dan wajib menjaga hubungan dan saling menghormati antar anggota perguruan pencak silat.

3. Untuk menghindari permasalahan yang lebih besar, maka permasalahan individu dilarang untuk dikaitkan dengan perguruan silat dan masing- masing ketua / sesepuh / yang dituakan di perguruan pencak silat, bertanggung jawab terhadap anggotanya dan bersedia menyelesaikan permasalahan dengan profesional dan prosedural.

4. Seluruh Ketua / yang dituakan pada setiap perguruan pencak silat bersedia dan wajib bertanggung jawab apabila ada oknum yang berbuat onar dan terlibat tindak pidana untuk segera mengenali dan secepatnya menyerahkan kepada pihak yang berwajib.

5. Seluruh Ketua / yang dituakan / panitia penyelenggara kegiatan, apabila mengadakan kegiatan yang berkaitan dengan perguruan silat dilarang minum-minuman keras serta tidak ada arak-arakan oleh penggembira, apabila masih ditemukan hal tersebut maka kegiatan wajib dihentikan.

6. Seluruh Ketua / yang dituakan / Panitia penyelenggara siap bertanggung jawab dan bersedia dimintai keterangan bila terjadi gangguan kamtibmas baik di lokasi maupun di luar lokasi kegiatan ( selama perjalaanan menuju dan atau sekembalinya dari lokasi kegiatan)

7. Seluruh kegiatan yang berkaitan dengan perguruan pencak silat wajib dilaksanakan pada siang hari kecuali latihan rutin yang tidak mengundang massa.
 

 


Topik

Hukum dan Kriminalitas tulungagung-berita-tulungagung Mapolres-Tulungagung perguruan-silat-di-Tulungagung Perguruan-Pencak-Silat



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anang Basso

Editor

A Yahya