Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar meraih penghargaan dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Award 2019 kategori Wali Kota/Kepala Pemerintahan Kota Terbaik. (Foto: Istimewa)
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar meraih penghargaan dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Award 2019 kategori Wali Kota/Kepala Pemerintahan Kota Terbaik. (Foto: Istimewa)

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar meraih penghargaan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Award 2019 kategori Wali Kota/Kepala Pemerintahan Kota Terbaik. Penghargaan diterima wali kota Kediri dari Kadin Indonesia yang diserahkan Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Roeslani dalam acara pembukaan Rapimnas Kadin 2019 bertempat di The Westin Resort Nusa Dua, Bali, Jumat (29/11).

Kadin Award dengan kategori Wali Kota/Kepala Pemerintahan Kota Terbaik, di samping diberikan kepada wali kota Kediri, juga kepada Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyanto, Bupati Kuningan Acep Purnama, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja, Wali Kota Makassar Iqbal Samad Suhaeb, dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) Ma'ruf Amin dalam pidatonya saat membuka rapimnas Kadin 2019 menyatakan, pemerintah mengapresiasi peran Kadin dalam perekonomian nasional. Apalagi saat ini pertumbuhan ekonomi Indonesia menghadapi tantangan, yakni laju perekonomian melambat akibat ketidakpastian ekonomi global, perang dagang Amerika Serikat-China, serta risiko geopolitik. "Untuk mengatasi tantangan ekonomi itu, dibutuhkan sinergitas semua pihak, termasuk para pelaku usaha dan industri, untuk meningkatkan daya saing dan kepastian berusaha yang lebih sehat," kata wapres.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengungkapkan, Kadin Award berhasil diraih karena selama ini Pemerintah Kota Kediri dan Kadin selalu berkomunikasi dan berkoordinasi secara baik serta melakukan program-program yang berdampak kepada Kota Kediri. 

“Adanya Kadin dapat membantu pertumbuhan di Kota Kediri dan mempercepat pertumbuhan UMKM  di Kota Kediri. Ini komitmen kita bersama dengan Kadin,” ujarnya.

Ke depan, wali kota muda yang populer disapa Mas Abu itu berharap Kadin terus bisa membantu Pemerintah Kota Kediri untuk menumbuhkan perekonomian  di Kota Kediri. “Saya berharap. sesuai arahan Bapak Presiden, bahwa kita harus bersatu padu untuk menumbuhkan perekonomian. Kami berharap perusahaan-perusahaan swasta yang ada di Kota Kediri juga harus bisa bergabung dengan Kadin. Nantinya akan lebih mudah dalam membangun konsep di Kota Kediri dan membantu berpikir Kota Kediri dalam pertumbuhan ekonomi,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Kadin Kota Kediri Solikhin mengatakan, terdapat beberapa kriteria yang dipenuhi hingga penghargaan ini berhasil diraih. Pertama, kegiatan yang dilakukan oleh wali kota, baik nasional maupun internasional. Kedua, terkait kebijakan-kebijakan tentang keberadaan pengusaha untuk menjadi anggota Kadin.

Ketiga, support dana untuk mengembangkan Kadin yang bersifat membangun dalam rangka pengembangan UMKM. “Terbukti sekarang UMKM di Kota Kediri sangat bagus dan yang kedua sesuai target Pak Wali, 15.000 wirausahawan baru semoga bisa tercapai. Kadin kota Kediri setiap tahun selalu mengadakan Kadin Award untuk memotivasi UMKM,” imbuhnya.

Untuk diketahui, para pemenang Kadin Awards lainnya dari wilayah barat antara lain Gubernur Nangroe Aceh Darusalam Nova Iriansyah, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, dan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno. Wilayah tengah diraih oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur D.I Jogjakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Sedangkan wilayah timur diraih Gubernur Bali I Wayan Koster, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola, Gubernur Maluku Murad Ismail, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, dan Gubernur Papua Lukas Enembe.

Pimpinan bank BUMN peraih penghargaan di antaranya Dirut BNI Achmad Baiquni, Plt Dirut BTN Oni Febrianto Raharjo, Dirut BRI Sunarso serta Wakil Dirut Sulaiman Arif Arianto.

 Sementara dari pimpinan bank daerah antara lain Dirut Bank Jawa Barat Yuddy Renaldi, Dirut Bank DKI Zainuddin Mappa, Plt Dirut Bank Sulselbar Irmayanti Sulthan, Dirut Bank Bali I Nyoman Sudharma, dan Dirut Bank Maluku Utara Arief Burhanudin Waliulu.

Hadir dalam kegiatan ini, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto, Menteri BUMN RI Erick Thohir, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, dan perwakilan Kadin se-Indonesia.