Ketua DPC PKB Kota Blitar Yasin Hermanto.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Ketua DPC PKB Kota Blitar Yasin Hermanto.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Blitar memastikan berkoalisi dengan PDIP dan PPP untuk menghadapi Pilkada Kota Blitar 2020. Kepastian tersebut disampaikan Ketua DPC PKB Kota Blitar Yasin Hermanto dalam konsolidasi mesin partai bersama ranting dan anak cabang, Selasa (19/11/2019) malam.

“Agenda tahun 2020 adalah pilwali. Saya tekankan kepada pengurus ranting dan anak cabang bahwa PKB dipastikan berkoalisi dengan PDIP dan PPP,” ungkap Yasin kepada BLITARTIMES.

Dengan kepastian koalisi itu, diharapkan tidak ada lagi pertanyaan dengan siapa ke depan PKB berkoalisi. Sementara terkait calon yang bakal diusung, Yasin menegaskan PDIP akan mengusung calon wali kota dan PKB mengusung calon wakil wali kota didukung oleh PPP.

“Penjajakan untuk di tingkat intern, di tingkat kota dan wilayah  Insya Allah sudah deal. Ke pusat juga sudah. Tinggal hasilnya nanti bagaimana, kami sendiri juga menunggu. Rekom turun ke siapa, kita tunggu saja,” ujarnya.

Terkait siapa calon wakil wali kota yang bakal diusung PKB, Yasin menegaskan dalam waktu dekat partainya bakal melaksanakan penjaringan. Pendaftaran bakal calon untuk PKB akan direalisasikan pada bulan desember mendatang.

“Kami segera membuka penjaringan untuk calon yang bakal bertarung di pilkada. Nanti bisa langsung satu paket, wali kota dan wakil. Bisa wakilnya saja. Kami sangat intens komunikasi dengan teman-teman di koalisi, dari PDIP dan PPP,” jelasnya.

Lebih dalam Yasin menyampaikan, sangat terbuka kemungkinan koalisi ini semakin kuat dengan bergabungnya Partai Gerindra. "Insya Allah teman kita, Gerindra, juga bakal merapat bergabung bersama kami dan mendukung calon yang diusung PKB,” pungkasnya.