Sambutan Ketua Komisioner Bawaslu Kabupaten Situbondo (Murtapik Badaluddin Lopa, S. Sos.)
Sambutan Ketua Komisioner Bawaslu Kabupaten Situbondo (Murtapik Badaluddin Lopa, S. Sos.)

Tensi politik di Situbondo terus meningkat menjelang pemilihan umum (pemilu) bupati dan wakil bupati 2020 mendatang. Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Situbondo pun terus mengajak masyarakat untuk aktif melakukan pengawasan jalannya pesta demokrasi lima tahunan itu. 

Untuk meningkatkan pengawasan partisipatif dari masyarakat, Bawaslu melaksanakan Pagelaran Budaya. Kegiatan tersebut bertempat di Alun-Alun Kabupaten Situbondo, Sabtu (16/11/2019) malam. Ribuan warga Situbondo, datang untuk menikmati berbagai sajian pertunjukan budaya.

Tampilnya tarian khas Kabupaten Situbondo, yaitu Tari Landhung merupakan pertanda bahwa acara dimulai, sembari beriringan dengan atraksi Canmacana (replika harimau). Lalu dilanjutkan penampilan kolaborasi baca puisi oleh Anggota Bawaslu Situbondo Divisi Hukum, Data dan Informasi Devita Yustiari Dewi beserta anak sulungnya, dengan judul 'Kemana Nurani Bangsaku Lari'. 

Suasana makin meriah ketika Tari Topeng Kerte serta lantunan musik akustik ditampilkan. Hingga di penampilan pamungkas, ada pertunjukan Topeng Kerte dengan dalang Sunjoto. Seluruh seniman yang unjuk tampil, tampak all out dengan membawakan pesan-pesan terkait berlangsungnya pemilu yang luber jurdil. 

Ketua DPRD Kabupaten Situbondo Edy Wahyudi mengungkapkan bahwa peran masyarakat sangat besar dalam menentukan keberhasilan pemilu. Bukan hanya dari tingkat partisipasi, tetapi juga pengawasan. "Pemilihan umum tidak pernah lepas dari peran serta masyarakat. Maka perlu, masyarakat turut andil dalam pengawasan," ujar Edy saat menyampaikan sambutan. 

Hal tersebut senada dengan penyampaian Ketua Komisioner Bawaslu Kabupaten Situbondo Murtapik Badaluddin Lopa. "Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif ini dilaksanakan oleh Bawaslu Kabupaten Situbondo untuk mengajak masyarakat ikut serta secara langsung melakukan pengawasan dalam pelaksanaan Pemilu. Khususnya, pemilihan Bupati Situbondo di bulan September 2020," tuturnya. 

Selain itu, Murtapik menyampaikan bahwa pada November 2019 ini, telah dibuka pendaftaran panitia pengawas (panwas). Seluruh warga Situbondo yang berumur 25 tahun, dengan minimal pendidikan lulusan SMA atau sederajat berkesempatan menjadi panwas. Nantinya mereka akan bertugas di kecamatan-kecamatan, mulai 27 November dan berakhir 03 Desember 2020.