Salah satu perserta cilik dalam Batik Lumajang On The Street (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Salah satu perserta cilik dalam Batik Lumajang On The Street (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Sebanyak 385 peserta beradu gaya  dan tata busana dala ajang Batik Lumajang On The Street (Balos) yang digelar pada hari ini Sabtu (16/11) di Lumajang.

Pendopo Arya Wiraraja Lumajang yang sejak setahun lalu dibongkar pagarnya, menjadi latar belakang foto yang bagus dan menjadi pilihan fotographer untuk mengabadikan moment ini.

Menurut Ketua Panitia Balos 2019, Sarjono SH, kegiatan ini dibagi dalam dua durasi waktu, yakni siang dan malam hari. Untuk Sabtu siang diperuntukkan bagi peserta untuk Paud/TK dan SD/MI dengan rute pendek, mulai Alun-Alun Lumajang sampai perempatan Adipura.

Sedangkan untuk SMP/MTS, SMU/SMK dan Umum dilaksanakan pada malam hari dengan rute cat walk jalanan dari Alun-Alun Selatan   Lummajang sampai Pasar Baru Lumajang.

Sampai sabtu sore, jumlah peserta yang masuk untuk PAUD/TK 30 peserta, SD/MI 70, SMP/MTS 90 peserta, SMU/SMK 25 peserta dan untuk Umum/Instansi di Lumajang sebanyak 170 pesert.

"Peserta untuk Balos tahun ini tidak hanya dari Lumajang, ada juga yang  berasal dari Banyuwangi, Malang, Jember, Probolinggo dan Ponorogo," jelas Sarjono.

Acara ini dimaksudkan untuk semakin memasyarakatkan batik Lumajang yang memiliki potensi   sangat besar untuk berkembang.

"Setiap peserta kita harapkan menggunakan batik Lumajang dalam  busana dan properti lainnya. Karena kita memang ingin memperkenalkan batik yang tumbuh dan berkembang di Kabupaten Lumajang," kata Sarjono kemudian.

Untuk pelepasan peserta dari TK/PAUD dilakukan oleh Wakil Bupati Lumajang Ir. Indah Amperawati dari Alun-Alun Selatan Lumajang. Sedangkan untuk peserta dewasa akan dilepas Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq M.MML malam ini.