Plt Wali Kota Blitar, Santoso
Plt Wali Kota Blitar, Santoso

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Blitar Santoso menegaskan di tahun 2020 nanti Pemkot akan fokus terhadap penyelesaian penyempurnaan pembangunan infrastruktur, kesehatan dan pendidikan. Hal tersebut diungkapkan Santoso kepada awak media usai rapat paripurna di DPRD Kota Blitar beberapa waktu lalu.

Selain menyelesaikan penyempurnaan pembangunan infrastruktur yang sudah dimulai tahun 2019, Pemkot Blitar juga akan menyelesaikan masalah kesehatan, terutama terkait kepesertaan BPJS Kesehatan dan Pendidikan.

Menurut Santoso, pembangunan infrastruktur yang harus diselesaikan di antaranya Pembangunan gedung SMPN 3 Kota Blitar, Penyempurnaan Pembangunan Kios Stadion Soeprijadi, Proses Pembangunan Kampus Putra Sang Fajar dan Finishing Pembangunan Pasar Legi. Meski ada beberapa proyek yang dipastikan selesai tahun 2019, pihaknya tetap melakukan pemantauan, baik penyempurnaan maupun pembenahan kecil, agar hasil akhir pembangunan sesuai dengan perencanaan awal.

Khusus untuk bidang kesehatan, target 95% warga Kota Blitar harus masuk kepesertaan BPJS Kesehatan juga harus dituntaskan, karena program ini sesuai anjuran Presiden RI. Termasuk sektor pendidikan juga tetap menjadi prioritas, karena target utama pembangunan satu di antaranya memajukan pendidikan.

“Kita sudah tetapkan, 2020 kita fokus ke pembangunan infrastruktur, bpjs kesehatan dan pendidikan,” ungkap Santoso.

Santoso menambahkan, meski jadi fokus pembangunan di tahun 2020, rata-rata pembangunan 3 sektor itu tahun ini perkembangannya sudah bagus.

“Progress tiga sasaran ini di tahun ini sudah bagus. Hanya untuk BPJS perlu mendapat keseriusan karena menyangkut langsung dengan kesehatan masyarakat. Polemik BPJS yang terjadi saat ini berkaitan dengan situasi nasional, karena terjadi di seluruh Indonesia,” pungkasnya.(*)