Bupati Malang HM Sanusi saat memberikan bantuan kepada kelompok peternak Desa Ngenep. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Bupati Malang HM Sanusi saat memberikan bantuan kepada kelompok peternak Desa Ngenep. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

Gerakan Membangun (Gema) Desa Bupati Malang Drs H M. Sanusi MM di Desa Ngenep, Kecamatan Karangploso, turut diisi dengan sarasehan bersama warga Desa Ngenep.  Kegiatan ini berlokasi di Balai Desa Ngenep.

Dalam kesempatan itu, Sanusi saling sharing dan mendengarkan keluh kesah warga Ngenep yang mengalami berbagai problema. Problem-problem yang disampaikan masyarakat antara lain perlunya bantuan pupuk, bantuan pipanisasi, bantuan traktor untuk membajak, bantuan motor pengangkut sampah, pemotong rumput, perlunya pembangunan tandon air, maupun bantuan bibit pertanian.

Bukan hanya sekadar mendengarkan keluh kesah warga. Sanusi juga memberikan sejumlah bantuan yang memang sangat diperlukan oleh masyarakat.

Di hadapan warga, Sanusi langsung menunjuk dan memanggil perwakilan dari dinas yang berhubungan langsung dengan permasalahan yang dialami  masyarakat. "Nanti bantuan bibit bisa langsung ke Dinas Pertanian. Itu yang pipanisasi, Cipta Karya tolong dibantu. Terus untuk motor pngakut sampah, nanti berhubungan sama Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Kalau untuk tandon, PDAM supaya bisa bantu," ungkap Sanusi.

Sanusi berharap,  bantuan atau dukungan Pemkab Malang terhadap kebutuhan-kebutuhan masyarakat bisa semakin membuat kemakmuran dan kesejahteraan. Utamanya  masyarakat Desa Ngenep.

"Ya seperti bantuan bibit, kami harapkan dari sektor pertanian hasilnya bisa semakin meningkat. Hal itu tentu berdampak pada pendapatan masyarakat. Kami harap bantuan yang diberikan pemkab. Semoga bisa banyak memberi manfaat bagi masyarakat," ucap dia.

"Saya lihat desa ini begitu guyub, rukun, sangat bagus. Ke depan tinggal bagaimana mengemas ini untuk mewujudkan Desa Ngenep yang lebih maju,"  ujar Sanusi.