Wabup dan istri Bupati Lumajang membujuk warga penderita kanker untuk mau berobat (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Wabup dan istri Bupati Lumajang membujuk warga penderita kanker untuk mau berobat (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Karena menolak dibawa ke rumah sakit, Wakil Bupati Lumajang Ir. Indah Amperawati datang dan membujuk pengidap kanker di Desa Sumber Anyar Kecamatan Rowokangkung Lumajang. Ada dua penderita penyakit kanker di desa ini yang belum disentuh pengobatan karena takut diperasi.

Sebenarnya ada 3 warga yang menderita penyakit yang sama, namun satu orang diantaranya sudah bersedia dibawa ke rumah sakit untuk proses pengobatan.

Dua warga yang didatangi Wakil Bupati Lumajang adalah  Ny. Nimah dan Ny. Sumani.

"Ibu harus harus operasi, nanti diantar pak kades, kalau tidak dioperasi tidak bisa bersih, kita urus nanti BPJS-nya agar bisa berobat ke rumah sakit," kata Waki Bupati Lumajang mengajak warganya agar mau menjalani proses pengobatan secara medis.

Wakil Bupati Lumajang menjelaskan, salah satu dari pengidap kanker ini kondisinya sudah membengkak, sehingga diperluka pengobatan secepatnya.

Sementara petugas Puskesmas Rowokangkung yang mendampingi kunjungan Wabup Lumajang mengaku sudah menganjurkan untuk dibawa ke rumah sakit yang ada dokter spesialis onkologi, namun penderita penyakit tersebut tidak mau.

"Saya sangat prihatin sekali, terutama perempuan yang terkena kanker, saat ini di Rowokangkung sudah ada 3 orang, yang satu sudah dibawa ke rumah sakit," ujar Wabup usai menyambangi kedua pengidap kanker tersebut.

Pada kunjungan kepada warga kali ini, Wakil Bupati Lumajang didampingi juga oleh Ketua Tim Penggerk PKK Kabupaten Lumajang Ny. Munfarinah Thoriq. Senada dengan Wakil Bupati Lumajang, Ny. Munfarinah juga ikut membujuk penderita kanker tersebut agar bersedia dibawa ke rumah sakit.

"Kami berharap para kader PKK juga ikut mendampingi dan berkomunikasi dengan pihak Puskesmas sehingga pasien benar-benar datang ke dokter untuk ditangani ketahap selanjutnya," kata Ning Farin, panggilan akrab Bupati Lumajang tersebut.